Angkutan Haji 2022 Lancar, 6 Bandara Angkasa Pura I Sukses Layani Kepulangan 46.579 Jamaah Haji

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 17:54 WIB
loading...
Angkutan Haji 2022 Lancar, 6 Bandara Angkasa Pura I Sukses Layani Kepulangan 46.579 Jamaah Haji
Seluruh proses kepulangan jamaah haji yang berlangsung pada periode 15 Juli hingga 14 Agustus 2022 ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura I melalui enam bandara telah melayani kepulangan sebanyak jamaah haji sebanyak 46.579 jamaah dari Tanah Suci yang terbagi dalam 121 kelompok terbang (kloter). Seluruh proses kepulangan jamaah haji yang berlangsung pada periode 15 Juli hingga 14 Agustus 2022 ini berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Pada musim haji 2022 ini, Angkasa Pura I telah menyiapkan enam bandara yang dikelola sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji, yaitu Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan Syukur Alhamdulillah, seluruh rangkaian proses embarkasi dan debarkasi jamaah haji berlangsung dengan tertib, lancar, aman, dan dapat memberikan rasa nyaman kepada seluruh jamaah haji. Untuk itu Angkasa Pura I mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh stakeholder terkait, di antaranya adalah Kementerian Agama melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Kementerian Perhubungan, Kantor Otoritas Bandara, maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines, imigrasi, bea cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, ground handling, serta instansi lainnya, yang telah mendukung kesuksesan pelaksanaan Angkutan Haji 2022 dengan mengedepankan prinsip safety, security, services, dan compliance, serta dengan tetap menjaga protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara ketat..

"Setelah dua tahun lamanya kami tidak melayani penerbangan angkutan haji, kami menyambut pelaksanaan angkutan haji di tahun ini dengan antusias. Tentunya hal ini juga merupakan salah satu momentum bagi Perusahaan untuk dapat memulihkan kinerja dari dampak pandemi Covid-19," lanjut Faik Fahmi.
Angkutan Haji 2022 Lancar, 6 Bandara Angkasa Pura I Sukses Layani Kepulangan 46.579 Jamaah Haji


Berdasarkan data, Bandara Juanda Surabaya menjadi bandara kelolaan Angkasa Pura I yang melayani kepulangan jamaah haji terbanyak, yaitu mencapai 16.798 jamaah yang terbagi ke dalam 38 kloter. Bandara Adi Soemarmo Surakarta melayani kepulangan jamaah haji terbanyak kedua dengan jumlah 15.408 jamaah yang terbagi ke dalam 43 kloter, serta disusul oleh Bandara Sultan Hasanuddin Makassar di urutan tiga kepulangan jamaah haji terbanyak dengan 7.224 jamaah yang terbagi dalam 19 kloter.

Sementara itu, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan telah melayani kepulangan 2.620 jamaah haji yang terbagi dalam 8 kloter, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin telah melayani kepulangan 2.488 jamaah haji yang terbagi dalam 7 kloter, serta Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok telah melayani kepulangan 2.041 jamaah yang terbagi dalam 6 kloter.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4188 seconds (0.1#10.140)