Menko PMK: Polbangtan Kementan Ujung Tombak Regenerasi Petani Indonesia

Minggu, 21 Agustus 2022 - 20:41 WIB
loading...
Menko PMK: Polbangtan Kementan Ujung Tombak Regenerasi Petani Indonesia
Stafsus Menko PMK Ravik Karsidi (ketiga kanan) bersama Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana (kedua kanan).
A A A
JAKARTA - Pendidikan vokasi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) merupakan ujung tombak regenerasi petani . Bangsa dan negara sandarkan harapan pada kehadiran SDM milenial andal, kompetitif dan berkompeten di bidang pertanian, guna mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia di masa mendatang.

Harapan tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhajir Effendy yang disampaikan Staf Khusus Menko PMK Ravik Karsidi pada Kuliah Umum bertajuk ´Penyiapan SDM Unggul Pertanian Melalui Pendidikan Vokasi untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan´ di Polbangtan Malang, Malang, Jatim, Jumat (19/8) lalu.

“Dapat dikatakan, Polbangtan merupakan ujung tombak dalam menyiapkan tenaga kerja pertanian yang andal. Di tangan lulusan Polbangtan, kita menyandarkan harapan untuk ketersediaan produksi pangan di masa depan,” kata Ravik Karsidi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/8/2022).

(Baca juga:Jaga Keseimbangan Sistem, Kementan Perkuat Regenerasi Petani)

Pada kesempatan tersebut, Ravik menyampaikan salam dari Menko PMK Muhajir Effendy kepada ratusan mahasiswa yang hadir di kuliah umum. Ravik didampingi Direktur Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana dan para wakil direktur.

Menurutnya, suksesnya upaya swasembada pangan nusantara dan masa depan ketahanan pangan Indonesia bergantung pada generasi petani milennial. Oleh karena itu, di tangan Polbangtan, negara menyandarkan harapan kehadiran SDM milenial kompeten di bidang pertanian.

Di era globalisasi dan Revolusi Industri 4.0 seperti saat ini, katanya, teknologi digital telah menerobos hampir di segala bidang. Kendati demikian, satu hal yang pasti, manusia masih akan tetap makan dari hasil pertanian maupun hasil pengolahan produk pertanian.

(Baca juga:Visa Pertanian Australia dan Regenerasi Petani Indonesia)

“Momentum harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kemandirian pangan dan kesejahteraan petani harus bisa meningkat secara signifikan. Profesionalisme dan daya saing petani harus terus ditingkatan,” katanya.

Harapan Menko PMK sejalan dengan upaya Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tentang petani milenial lulusan Polbangtan sebagai sosok muda, aktif, energik, dan inovatif adalah sosok ideal mahasiswa Polbangtan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)