MNC Asset Bersama Bali Digital Consultant Gelar Webinar Family Financial Freedom & Bebas Merdeka dengan Reksa Dana

Senin, 22 Agustus 2022 - 11:52 WIB
loading...
MNC Asset Bersama Bali Digital Consultant Gelar Webinar Family Financial Freedom & Bebas Merdeka dengan Reksa Dana
MNC Asset Management terus mendukung gerakan literasi pasar modal dan keuangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Konsisten dalam mendukung literasi pasar modal dan keuangan, PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) melalui unit bisnisnya yaitu, MNC Asset Management bekerja sama dengan Bali Digital Consultant menggelar webinar tentang financial planning. Webinar yang diadakan pada Sabtu, 20 Agustus 2022 dengan narasumber Annafrid Nikijuluw dan Sephy Lavianto serta dipandu oleh Host Natalia Novita Nikijuluw yang bertajuk “Family Financial Freedom & Bebas Merdeka dengan Reksa Dana” dihadiri oleh peserta dari berbagai macam jenis latar belakang profesi.



Pada webinar tersebut, dipaparkan bagaimana cara mengelola keuangan yang baik dan benar, menyusun goals dalam perencanaan keuangan, dan tentunya memberikan edukasi dan literasi kepada para peserta mengenai reksa dana dengan metode yang sederhana.

Business Manager MNC Asset Manegement, Annafrid Nikijuluw pada webinar ini mengatakan, “Dalam mengelola keuangan ideal pembagiannya adalah dengan cara 50% kebutuhan pokok, 30% keinginan, dan 20% untuk investasi atau tabungan. Salah satu instrumen investasi yang sangat mudah untuk dilakukan oleh pemula adalah dengan reksa dana, karena dana akan dikelola oleh manajer investasi yang bersertifikasi dan tentunya berpengalaman,” tutur Annafrid.

Menurut Annafrid, memahami reksa dana itu dapat dianalogikan seperti coffee shop, dengan barista yang diibaratkan seperti manajer investasi, yang mengolah bahan kopi (portofolio) menjadi sebuah minuman kopi andalan (produk reksa dana). Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi reksa dana adalah terlebih dahulu kenali tentang tujuan investasi, pahami risiko investasi reksa dana, dan pelajari instrumen dari reksa dana.

Sementara itu, Sephy Lavianto yang juga berprofesi sebagai Financial Strategy Consultant yang juga konsultan untuk digital strategy juga menyampaikan bahwa dalam pengelolaan keuangan harus dulu ditentukan goals yang akan dicapai, sebab jika tidak mempunyai goals keuangan tidak akan ter-manage dengan baik.

“Kita harus bisa memiliki skill untuk mastering finance dengan cara menjadikan keuangan sebagai kawan dan melihat permasalahan keuangan bukan sebagai bagian dari masalah, akan tetapi menjadi salah satu tujuan dari kehidupan,” ucap Sephy.

Sebagai usaha dari pengelolaan keuangan yang ideal adalah melalui investment, reksa dana sebagai salah satu instrumen investasi sangat direkomendasikan bagi investor pemula. Contohnya adalah reksa dana pendapatan tetap, melalui reksa dana pendapatan tetap, investor dapat mengalokasikan uangnya untuk kebutuhan jangka panjang.



Salah satu contoh reksa dana pendapatan tetap yaitu, MNC Dana Likuid dengan indikasi return 7,98% p.a dan MNC Dana Syariah dengan imbal hasil 7,92% p.a (NAB per tanggal 19 Agustus 2022) yang dapat dibeli melalui website MotionFunds yang dapat diakses pada alamat www.motionfunds.id .

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)