Resmi Meluncur, Wapres Harap Tapera Syariah Bantu Kurangi Backlog Perumahan

Selasa, 23 Agustus 2022 - 09:56 WIB
loading...
Resmi Meluncur, Wapres Harap Tapera Syariah Bantu Kurangi Backlog Perumahan
Wapres Maruf Amin secara resmi meluncurkan Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera berbasis syariah. Foto/ tangkapan layar/Iqbal Dwi Purnama
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin secara resmi meluncurkan Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera berbasis syariah.

Adanya program pembiayaan perumahan syariah tersebut diharapkan mampu memperkuat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air.

"Tabungan Perumahan Rakyat Syariah saya nyatakan secara resmi diluncurkan. Langkah ini menjadi bagian dari ikhtiar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Tanah Air," ujar Wapres dalam sambutannya secara virtual, Selasa (23/8/2022).



Wapres berpesan kepada pengelola Tapera Syariah untuk betul-betul dijalankan sesuai ketentuan dan prinsip syariah demi menjaga kepercayaan masyarakat untuk menggunakan produk syariah.

"Untuk itu saya meminta komisioner dan para deputi komisioner serta para penasihat komisioner bidang perumahan dan pembiayaan perumahan syariah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab," tandasnya.

Wapres berharap keberadaan Tapera Syariah mampu menjadi salah satu sarana untuk membantu untuk mengurangi backlog perumahan yang saat ini angkanya mencapai sekitar 12,75 juta.

"Tabungan Perumahan Rakyat Syariah menjadi salah satu sarana untuk membantu mewujudkan kepemilikan rumah bagi masyarakat yang kebutuhannya kian meningkat, kini mencapai 12,75 juta unit," lanjutnya.



Lebih lanjut Wapres menjelaskan, Tapera syariah merupakan perwujudan pembangunan ekonomi yang sejalan dengan maqashid syariah karena memasilitasi kebutuhan masyarakat melalui skema tabungan perumahan yang sesuai prinsip syariah.

Menurut Wapres, momentum peluncuran Tapera syariah ini juga dinilai sangat tepat bagi industri jasa keuangan tren gaya hidup. Pasalnya, tren gaya hidup islami yang terlihat dari meningkatnya preferensi masyarakat akan produk jasa yang sesuai dengan syariah, telah menciptakan pasar baru yang menarik.



"Peningkatan preferensi masyarakat tidak hanya terlihat di sektor jasa keuangan dan sektor unggulan ekonomi syariah lainnya, tetapi juga terjadi di sektor hunian," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)