Bisnis Berjalan Lancar dengan Aplikasi Invoice Online, Berikut Caranya

Selasa, 23 Agustus 2022 - 17:37 WIB
loading...
Bisnis Berjalan Lancar dengan Aplikasi Invoice Online, Berikut Caranya
Ilustrasi Invoice. (Dok: Sindonews.com)
A A A
JAKARTA - Ketika Anda bertransaksi dengan nilai yang cukup besar biasanya, baik Anda maupun pelanggan sama-sama membutuhkan invoice. Hal ini untuk menghindari kekeliruan dalam menyebutkan nominal dan nama produk. Selain itu, juga berfungsi sebagai arsip ketika dibutuhkan untuk audit. Maka dari itu, invoice tagihan penting bagi bisnis.

Invoice juga digunakan untuk mencatat laba rugi suatu perusahaan bisnis. Sebab, sering kali jika tidak dicatat, pebisnis akan kesulitan untuk memproduksi barang. Hal ini untuk mengetahui apakah barang tersebut menghasilkan profit atau justru sebaliknya.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara detail mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis invoice. Harap disimak baik-baik, ya.

Pengertian Invoice
Invoice adalah semacam dokumen yang berisi daftar nama barang, jumlah pesanan, dan harga yang harus dibayar. Invoice tagihan sering digunakan sebagai dokumen untuk menagih pembayaran kepada pelanggan. Dokumen itu biasanya memiliki tenggat waktu tergantung kesepakatan antara pebisnis dengan pelanggan.

Invoice tagihan biasanya terdiri dari tiga lembar. Satu untuk pembeli, kedua untuk lembar penagihan, ketiga untuk catatan yang dimasukkan dalam faktur. Tidak ada contoh yang baku bagaimana isi dari invoice tagihan. Namun, biasanya terdiri dari sebagai berikut:

- Nama pelanggan
- Nama pebisnis
- Nomor invoice tagihan
- Daftar produk yang dibeli
- Biaya pengiriman (jika ada)
- Diskon (jika ada)
- Sistem pembayaran

Yang perlu Anda perhatikan adalah invoice tagihan berbeda dengan kuitansi. Jika kuitansi adalah tanda jadi diberikan setelah pembayaran dilakukan, invoice tagihan sebaliknya. Dokumen tiga lembar tersebut diserahkan ketika pelanggan selesai memesan.

Jenis-jenis Invoice
Ada tiga jenis invoice tagihan yang biasa digunakan oleh perusahaan bisnis baik kecil maupun menengah.

Invoice Konsuler
Invoice ini biasa digunakan untuk kebutuhan jual beli antar negara. Baik pebisnis maupun pelanggan membutuhkan invoice ini agar memudahkan untuk pelacakan. Misal, bagaimana pembayaran akan dilakukan. Juga, metode pembayaran apa yang akan disepakati.

Dokumen ini juga harus mendapat pengesahan dari baik negara asal maupun negara yang dituju. Sebab, jika tidak, produk bisnis Anda akan sulit tiba di negara yang dituju.

Invoice Biasa
Ini adalah satu invoice yang biasa digunakan oleh bisnis manapun. Daftar isinya pun seperti apa yang telah dijelaskan di atas. Mulai dari nama, daftar barang, jumlah pesanan, hingga biaya yang perlu dibayarkan.

Invoice Proforma
Invoice adalah sifatnya sementara. Jika pelanggan telah memesan produk Anda, invoice diberikan kepada pelanggan. Lalu, ketika pelanggan selesai melakukan pembayaran, invoice dikirimkan lagi kepada pelanggan.

4 Manfaat Invoice Online yang Memudahkan Urusan Dokumen Penagihan Perusahaan Anda
Invoice atau faktur merupakan file administrasi penting yang wajib Anda miliki jika Anda adalah seorang pelaku bisnis. Invoice ini, nantinya akan Anda berikan kepada pelanggan ketika melakukan transaksi atau jual beli produk. Dalam upaya mengikuti perkembangan digital, invoice saat ini sudah banyak diberikan secara online atau dikenal dengan invoice online.

Dengan hadirnya invoice online, tugas Anda serta tim finance menjadi lebih mudah dalam mengelola seputar administrasi keuangan bisnis. Selain itu, invoice online juga dapat menjadi investasi penting bagi bisnis Anda melalui penyimpanan informasi dan data-data transaksi. Pada akhirnya berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari dokumen tersebut. Apa saja manfaatnya? Mari kita simak pemaparan berikut.

1. Peningkatan Manajemen yang Lebih Baik
Bagaimana invoice online dapat berperan dalam peningkatan manajemen yang lebih baik?

Untuk bisa mengelola bisnis dengan baik, Anda harus memiliki sistem yang efektif dan efisien dalam membuat, mengirim, ataupun melacak invoice perusahaan, apakah invoice sudah atau belum dibayar oleh pelanggan Anda? Melalui faktur atau invoice online, Anda tidak perlu repot lagi dalam mengelola invoice, sebab tidak perlu ada konfirmasi pembayaran secara manual. Notifikasi akan dikirim secara otomatis dan statusnya real time.

Anda dapat lebih mudah membuat dan mengirim invoice kapan pun dan di mana pun, serta lebih mudah dalam melakukan pelacakan invoice. Melalui invoice online, Anda juga tidak perlu lagi mencari satu per satu invoice yang belum dibayar oleh pelanggan Anda. Karena data yang Anda cari tersebut telah terekam semua.

2. Menciptakan Bisnis yang Baik
Cara manual tentu akan menyulitkan Anda dalam mengurus bukti transaksi dengan pelanggan. Berbeda ketika Anda memanfaatkan invoice online, Anda tidak perlu repot-repot menghitung satu per satu apakah pelanggan belum atau telah membayar tagihan mereka. Anda tidak perlu mengecek pembayaran secara manual dari mutasi rekening bank karena status dan notifikasi akan diberikan. Reputasi bisnis Anda akan dipandang baik jika Anda memiliki sistem yang efektif dan efisien.

Invoice online mendukung reputasi baik sistem perusahaan Anda. Melalui invoice online, Anda dapat mengontrol status invoice tersebut apakah telah terkirim, sudah dibayar atau malah belum dilakukan penagihan. Tidak hanya itu saja, fitur reminder juga terdapat pada invoice online yang dapat mengingatkan Anda untuk mengirimkan email penagihan kepada pelanggan sebelum atau sesudah tanggal jatuh tempo tiba.

3. Menghadirkan Ide Segar
Apakah Anda pernah mengingat berapa banyak jumlah uang yang telah Anda dapatkan sebelum tahun ini? Lalu, siapa saja pelanggan yang melakukan pembayaran lebih awal? Berapa jumlah pelanggan Anda yang melakukan pembayaran dengan metode kredit? Berapa jumlah uang yang dihabiskan pelanggan Anda dalam periode waktu tertentu? Untuk menjawab pertanyaan dan mendapatkan data-data dari pertanyaan tersebut, Anda membutuhkan invoice online.

Melalui penggunaan invoice online, maka Anda akan mendapatkan data-data seputar keuangan perusahaan tanpa memerlukan tenaga konsultan keuangan maupun analis secara manual. Semua informasi dari invoice tersebut bisa Anda dapatkan dari dashboard Jurnal dari Mekari, yang dapat mempermudah Anda dalam membuat strategi bisnis yang baik, sehingga perkembangan bisnis Anda sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

4. Rekam Audit yang Lengkap
Ketika terjadi audit mendadak, Anda tidak perlu panik lagi ketika sudah menggunakan invoice online. Sebab, semua data dalam invoice online tersebut terjamin keamanannya dan tersimpan rapi pada sistem yang tersedia. Selain itu, tracking atas invoice dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja tanpa menghabiskan banyak waktu. Kapan pengiriman invoice Anda lakukan, apakah pembayaran dilakukan oleh pelanggan Anda secara tepat waktu, data tersebut bisa Anda lacak dengan mudah pada dashboard Jurnal ketika Anda menggunakan invoice online.

Ternyata berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari invoice online yang nantinya dapat Anda jadikan data untuk membuat strategi yang tepat dalam mengembangkan perusahaan Anda. Jika Anda menginginkan layanan invoice online yang terpercaya, Jurnal adalah jawabannya.

Dengan menggunakan aplikasi invoice seperti Jurnal by Mekari, Anda bisa membuat invoice dengan cara otomatis dan mengirimkannya langsung kepada pelanggan.

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi online dengan laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Tujuan Jurnal by Mekari adalah memudahkan pembukuan serta proses akuntansi pemilik bisnis. Semua perusahaan dan pengusaha pasti menginginkan administrasi yang berjalan baik sementara masih banyak perusahaan yang kesusahan untuk mengelola administrasi yang baik, untuk itulah Jurnal by Mekari hadir sebagai Simple Online Accounting Software untuk menunjang kesuksesan pebisnis.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya. Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Menggunakan software akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan. Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time.

Alasan Mengapa Perlu Menggunakan Aplikasi Invoice Jurnal by Mekari
Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mulai menggunakan software akuntansi Jurnal.

Biaya Terjangkau
Jurnal software sangat terjangkau yaitu mulai dari 199 ribu rupiah per bulan saja Anda sudah bisa menggunakan software satu ini. Selain itu terdapat tiga pilihan software yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda yaitu Starter, Pro, dan yang paling best seller adalah Enterprise.

Fitur yang Penting dan Lengkap
Jurnal software ini memiliki fitur lengkap. Tidak hanya itu saja fitur ini bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Software ini dapat anda akses atau gunakan pada banyak perangkat, bisa laptop, komputer, smartphone, dan tablet. Untuk mobile, anda bisa unduh aplikasinya di App Store dan Google Play Store.

Dengan software ini Anda bisa membuat e-faktur, faktur yang lebih profesional, pengontrolan biaya bisnis yang lebih efisien, laporan yang cepat dan akurat, pemantauan dan pengecekan stok barang, bahkan Anda bisa memantau keuangan bisnis Anda secara mobile sehingga sangat fleksibel untuk Anda yang memiliki mobilisasi tinggi.

Terintegrasi dengan Software lain
Yang menarik dari software ini adalah, anda bisa integrasikan dengan software lain yang juga dikembangkan oleh Mekari, seperti Jurnal, Klikpajak, Talenta dan lainnya. Hal ini bisa anda gunakan jikalau memang dibutuhkan oleh perusahaan anda.

Anda bisa menghubungi pihak Developer Center dari Mekari untuk melakukan integrasi pada software atau aplikasi invoice terkait. Integrasi ini dimaksudkan untuk memaksimalkan penggunaan fitur atau fungsi yang ada pada aplikasi. Artinya, semacam laporan keuangan dan pendapatan dapat dihubungkan meskipun berbeda aplikasi.

Aman dan Ada Free Trial
Keamanan data Anda terjamin karena sudah menggunakan encryption AES-256 sehingga data yang disimpan tidak akan terlihat dan terbaca oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Koneksi internet juga diamankan dengan 2056-bit SSL certificate.

Tidak hanya itu saja ada free trial gratis untuk bisnis Anda sehingga Anda akan tahu bagaimana software tersebut bekerja untuk bisnis Anda. Tunggu apalagi, gunakan software accounting Jurnal sekarang juga, dan rasakan manfaatnya. Itu tadi ulasan mengenai Jurnal software akuntansi terbaik saat ini, semoga bermanfaat.

Selain membuat dan mengirim invoice secara langsung, Jurnal juga dilengkapi dengan fitur Invoice Reminder atau Pengingat Faktur yang membantu Anda menagih piutang yang akan jatuh tempo. Dengan begitu, bisnis Anda akan terhindar dari piutang tak tertagih yang dapat menyebabkan kegagalan bisnis.
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)