Harga Minyak Mentah Naik, Usai Arab Saudi Minta OPEC Pangkas Produksi

Kamis, 25 Agustus 2022 - 10:40 WIB
loading...
Harga Minyak Mentah Naik, Usai Arab Saudi Minta OPEC Pangkas Produksi
Harga minyak dunia tersulut pernyataan Arab Saudi. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Harga minyak mentah menguat pada perdagangan pagi ini merespons langkah Arab Saudi yang menyarankan Organisasi Negara Pengekspor Minyak ( OPEC ) agar dapat mempertimbangkan pemangkasan produksi.

Baca juga: Usai Melonjak, Harga Minyak Hari Ini Ambles di Bawah USD100 per Barel

Data perdagangan hingga pukul 09:44 WIB menunjukkan minyak Brent di Intercontinental Exchange (ICE) untuk kontrak November naik 0,79% menjadi USD101,13 per barel. Sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange (NYMEX) untuk pengiriman Oktober tumbuh 0,60% sebesar USD95,49 per barel.

Kedua patokan harga tersebut telah menyentuh level tertingginya dalam tiga minggu terakhir, pada Rabu lalu (24/8), setelah menteri energi Saudi disinyalir akan memangkas produksi.

Melansir Reuters, Kamis (25/8/2022), OPEC mengatakan bahwa setiap kebijakan pengurangan produksi dari kelompok mereka dan sekutunya, yang dikenal secara kolektif sebagai OPEC+, kemungkinan akan bertepatan dengan kembalinya minyak Iran ke pasar jika Teheran resmi mengamankan kesepakatan nuklir.

Sebelumnya Iran mengatakan telah menerima tanggapan dari Amerika Serikat terkait teks final untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Teheran 2015 dengan negara-negara besar.

Baca juga: Pakai Radio Amatir Ayahnya, Gadis 8 Tahun Berhasil Jalin Kontak dengan Astronot NASA di ISS

Selain sentimen di atas, pasar minyak juga tengah menantikan pertemuan Federal Reserve AS dalam Simposium Jackson Hole. Momen ini dapat digunakan untuk membaca apakah bank sentral akan memperlambat kenaikan suku bunga atau justru tetap agresif sampai menurunkan inflasi ke target 2%.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1463 seconds (10.177#12.26)