Hadiri Pelantikan KDEKS Riau, Wapres Dorong Pengembangan Industri Halal

Kamis, 25 Agustus 2022 - 14:10 WIB
loading...
Hadiri Pelantikan KDEKS Riau, Wapres Dorong Pengembangan Industri Halal
Wakil Presiden Maruf Amin. FOTO/dok.Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) menghadiri pelantikan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Riau, di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Pekanbaru, Riau.

"Hari ini kita menyaksikan bersama pelantikan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Provinsi Riau," kata Wapres dalam sambutannya, Kamis (25/8/2022).



Wapres meminta KDEKS yang telah terbentuk hendaknya segera bekerja dengan efektif, berkoordinasi dan berkolaborasi dengan berbagai berbagai pemangku kepentingan di Pusat dan daerah dalam percepatan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di daerah dan nasional.

Pemerintah melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) akan terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam mendorong berbagai program pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang telah diinisiasi Pemerintah Provinsi Riau.



Pihaknya mendukung penuh rencana pengembangan Kawasan Industri Halal di wilayah Provinsi Riau. Sehingga akan mendukung untuk menjadikan Indonesia sebagai produsen halal terbesar di dunia pada tahun 2024.

"Terutama keinginan pemerintah untuk menjadikan Indonesia pada tahun 2024 sebagai pusat produsen halal terbesar di dunia," papar Wapres. "Saya harap dapat dilakukan kajian yang komprehensif, agar nantinya KIH yang tersedia bisa beroperasi secara maksimal mendukung pengembangan sektor industri halal," imbuhnya.

Selain itu, Wapres juga mendorong agar KDEKS mengembangkan program sertifikasi halal bagi UMKM. "Sinergi dengan berbagai instansi atau lembaga di Pusat, termasuk dukungan dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Provinsi Riau agar dilakukan dengan maksimal," tambahnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)