Dorong Ekonomi Rakyat, UMKM Emak-emak for Sandi Gelar Pelatihan Olahan Kopi

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 19:30 WIB
loading...
Dorong Ekonomi Rakyat, UMKM Emak-emak for Sandi Gelar Pelatihan Olahan Kopi
Peserta yang tergabung dalam UMKM Emak-emak For Sandi Depok menggelar pelatihan pembuatan produk minuman olahan kopi. FOTO/Istimewa
A A A
DEPOK - Peserta yang tergabung dalam UMKM Emak-emak For Sandi Depok menggelar pelatihan pembuatan produk minuman olahan kopi jenis Arabica dan Robusta. Kegiatan tersebut digelar di Depok, Jawa Barat.

Ketua UMKM Emak-emak for Sandi Depok, Karolin mengatakan, pelatihan oleh relawan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hard skill pelaku UMKM dalam berwirausaha. Terlebih, minuman kopi sendiri mempunyai nilai ekonomis yang tinggi untuk dijual, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha.

"Hadirnya pelatihan ini, emak-emak membuat produk yang lebih bervariasi. Karena dengan adanya pelatihan ini membuka peluang baru untuk usaha, sehingga dapat membuka pekerjaan baru sekaligus meningkatkan pendapatan," ujar Karolin saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/8/2022).



Secara mekanisme, nantinya para peserta akan diberikan beberapa pendampingan bisnis mulai dari proses produksi hingga pemasaran baik online maupun offline. Metode tersebut dilakukan agar relawan mendapatkan pangsa pasar yang ideal dan siap untuk membuka usaha.

"Acara selanjutnya setelah pelatihan, kita mengarahkan emak-emak untuk membimbing sampai benar-benar usahanya berjalan," tegasnya.

Menurut Karolin, program kerja dan keteguhan Sandiaga Uno dalam mengangkat bisnis pelaku UMKM terbukti nyata. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang terbantu dalam program pendampingan bisnis tersebut.

"Untuk itu, kita pelaku UMKM sangat terbantu dengan mas Sandiaga Uno, karena beliau juga mau untuk terjun langsung ke lapangan bantu produk kami sehingga bisa cepat laris dipasaran," ucapnya.



Maka demikian, Karolin bersama para peserta lain optimistis Sandiaga menjadi presiden di 2024 mendatang. Alasannya, sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) tersebut punya jam terbang yang tinggi dan terbukti memajukan perekonomian Indonesia.

"Mas Sandi sangat layak untuk menjadi presiden, karena selama ini kami melihat beliau sangat berperan besar dalam memajukan perekonomian Indonesia, karena lewat UMKM ini sudah banyak bukti yang beliau tunjukan," jelasnya.

"Karena dengan beliau menjadi presiden maka perekonomian Indonesia bisa terangkat, sehingga membuat negara ini lebih maju dan rakyatnya makmur sejahtera," pungkasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)