Kadin: Investasi Automotif Thailand Bisa Pindah ke RI

Selasa, 03 Juni 2014 - 12:52 WIB
Kadin: Investasi Automotif Thailand Bisa Pindah ke RI
Kadin: Investasi Automotif Thailand Bisa Pindah ke RI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, krisis politik di Thailand yang masih berkelanjutan membuat kemungkinan investasi dari beberapa sektor di Thailand akan berpindah ke Indonesia.

Terutama, lanjut dia, bidang automotif. Pasalnya, Indonesia dan Thailand sama-sama memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi di sektor automotif. Suryo menilai, bisa saja terjadi peralihan di sektor automotif menyangkut Thailand yang masih mengalami krisis.

"Ya, bisa saja itu terjadi, misalnya automotif. Apalagi, Indonesia dan Thailand adalah dua negara di sektor itu boleh dikatakan leading di ASEAN. Nah, sekarang ini merupakan peluang Indonesia untuk lebih meningkatkan lagi," ujarnya di Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Dari segi penjualan, Indonesia masih memegang kendali atas penjualan barang di sektor automotif. Sementara Thailand, produktivitasnya lebih tinggi meski biaya buruhnya lebih mahal. Misalnya dalam sehari, Thailand bisa memproduksi beberapa mobil.

Dengan adanya krisis ini, banyak pihak yang mengklaim sektor industri automotif akan berpihak dan berpindah ke Indonesia. Namun Suryo belum bisa melihat itu meskipun sebelumnya dia berkata bisa saja itu terjadi.

"Saya kira kita semua tidak tau. Tapi, ya kita harus menyiapkan diri saja. Mari kita tingkatkan daya tarik kita sebagai tujuan investasi, kita tingkatkan atau kita perbaiki kekurangan-kekurangan yang masih ada di Indonesia," terangnya.

Suryo mengatakan, untuk masalah kekurangan yang seharusnya bisa diperbaiki, misalnya infrastruktur, lahan, kepastian hukum, birokrasi dan masalah lain yang terkait.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5732 seconds (0.1#10.140)