Profil Nicke Widyawati, Dirut Pertamina yang Pernah Masuk Daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Kamis, 01 September 2022 - 14:09 WIB
loading...
Profil Nicke Widyawati, Dirut Pertamina yang Pernah Masuk Daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia
Nicke Widyawati, Direktur Utama (Dirut) Pertamina yang memiliki segudang prestasi. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Nicke Widyawati , Direktur Utama (Dirut) Pertamina yang memiliki segudang prestasi . Bahkan, dia pernah masuk daftar perempuan paling berpengaruh di dunia .

Nicke sendiri didaulat menjadi Dirut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-97/MBU/04/2018 tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Baca juga : Bos Pertamina Nicke Widyawati Dinobatkan Sebagai Top CEO 2020

Dalam riwayat pendidikannya, wanita kelahiran 25 Desember 1967 ini pernah meniti ilmu di SMA Negeri 1 Tasikmalaya. Setelahnya, dia melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi.

Dia lulus dari Teknik Industri ITB pada tahun 1991 serta mendapat gelar Magister dari Jurusan Hukum Bisnis, Universitas Padjadjaran di tahun 2009. Sebelum menjadi Dirut Pertamina, Nicke pernah bekerja sembari kuliah di Bank Duta cabang Bandung.

Selain itu, dia juga pernah bekerja di PT Rekayasa Industri dan sempat terlibat dalam beberapa proyek strategis dengan Pupuk Sriwijaya. Kemudian, Nicke juga pernah bergabung dengan salah satu BUMN, yakni PT Mega Eltra sebagai Direktur Utama.

Setelahnya, dia beralih ke PLN dan menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis I pada tahun 2014. Kariernya di Pertamina bermula pada tahun 2017. Saat itu, Nicke menempati posisi Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan pelaksana tugas Direktur Logistik, Rantai Pasokan, dan Infrastruktur.

Beberapa waktu setelahnya, dia beralih posisi sebagai pelaksana tugas Direktur Utama dan merangkap Direktur Sumber Daya Manusia. Akhirnya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor: SK-97/MBU/04/2018 tanggal 20 April 2018, Nicke Widyawati resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Bersama Pertamina, Nicke terus memberikan dukungan perpindahan energi Indonesia dengan mencanangkan portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT). Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, Media bisnis global, Fortune menobatkan Nicke Widyawati sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia (Most Powerful Women International) 2020.

Baca juga : Bos Pertamina Nicke Widyawati Masuk Daftar 16 Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Nicke Widyawati dinilai Fortune sangat layak menerima apresiasi tersebut karena mampu melakukan terobosan untuk mengendalikan kinerja Pertamina sekaligus berkontribusi maksimal terhadap penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Sejak Pemerintah Indonesia mengumumkan pandemi COVID-19 di Indonesia, Nicke sebagai Dirut Pertamina langsung mengambil langkah strategis. Secara virtual, di hadapan 32 ribu perwira Pertamina, dia memaparkan kebijakan strategis untuk menjaga kinerja perusahaan dari segi operasional dan finansial.

Diantaranya adalah Pertamina harus bisa menjamin ketersediaan energi ke seluruh pelosok negeri di tengah pandemi, kemudian tetap menjalankan berbagai proyek strategis yang menyerang banyak tenaga kerja dan menggerakan industri nasional, dan masih banyak lagi kebijakan lainnya.
(bim)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1222 seconds (10.101#12.26)