alexametrics

Menperin Pacu 2.925 Industri Kecil untuk Tingkatkan Kualitas Produk

loading...
Menperin Pacu 2.925 Industri Kecil untuk Tingkatkan Kualitas Produk
Kemenperin akan menggenjot peningkatan kualitas produk dari 2.925 industri kecil dan menengah (IKM). Foto/Dok SINDOphoto/Ali Masduki
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meluncurkan kampanye #SemuanyaAdaDisini sebagai bagian dari Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia. Kampanye berlangsung pada 1-15 Juli 2020.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan akan menggenjot peningkatan kualitas produk dari 2.925 Industri Kecil dan Menengah (IKM). Menurut dia, ribuan UKM tersebut sudah terdaftar dalam kampanye #Semuanya Ada di Sini.

Hal tersebut seiring Kemenperin sudah memulai program perluasan akses pemasaran produk IKM lewat ranah digital melalui program E-Smart IKM. Program ini dimaksudkan sebagai penerapan peta jalan making Indonesia 4.0.

"Sejak tanggal 5 Juni lalu, sampai hari ini sudah ada 2.925 IKM yang mendaftar ke dalam program E-Smart IKM. Kami juga memberikan kegiatan pelatihan dan onboarding program bersama beberapa platform e-commerce online," ujar Agus dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (1/7/2020). (Baca juga : Pelaku IKM Didorong Pasarkan Produknya Melalui Online)



Pihak Kemenperin telah menggandeng Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak untuk melangsungkan program-program tersebut. Program ini ditujukan untuk sustainabilitas IKM.

"Ini adalah sustainability program untuk menjaga eksistensi IKM di pasar online dengan memberikan capacity building, pendampingan, serta fasilitasi berupa standarisasi, perizinan, kekayaan intelektual, dan kemasan," tambah Agus.



Selain itu, dalam menjalankan program ini, Kemenperin juga bekerjasama dengan beberapa universitas, dinas perindustrian provinsi dan daerah, IT provider, dan penggerak-penggerak IKM lainnya.

"Program ini akan berlangsung hingga Desember 2020. Kami berharap kampanye #SemuanyaAdaDisini bisa meningkatkan penggunaan produk dalam negeri dengan mendukung dan membeli produknya. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah membantu dan bekerjasama membina industri dalam negeri," pungkasnya.
(ind)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top