Sandiaga Uno Pacu Terbukanya Lapangan Kerja Lewat Limbah Kopi

Senin, 05 September 2022 - 14:00 WIB
loading...
Sandiaga Uno Pacu Terbukanya Lapangan Kerja Lewat Limbah Kopi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaakan ekonomi akan semakin bergeliat melalui kreasi lokal. FOTO/Istimewa
A A A
JAMBI - Peserta yang berasal dari pelaku UMKM dan komunitas se-Jambi mengikuti pelatihan limbah kopi untuk diolah menjadi kosmetik bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno . Kali ini, kegiatan tersebut digelar di Kota Jambi.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, limbah mempunyai nilai ekonomis tinggi jika dimanfaatkan dengan benar. Salah satu contohnya yaitu produk kosmetik seperti body scrub dan lotion dari limbah kopi. "Karena limbah yang biasanya membuat kita musibah, sekarang mendatangkan berkah karena bisa kita dapatkan dari limbah kopi," ujar Sandiaga saat di lokasi, Senin (5/9/2022).

Baca Juga: Kunjungan Wisman ke Indonesia Tertinggi Sejak Pandemi, Sandiaga Uno: Hampir 15 Kali Lipat

Lebih jauh, dia mencotohkan pengalamannya saat awal mulai berbisnis dan hanya mempunyai sedikit karyawan saja. Namun setelah dirinya melakukan beragam inovasi dalam menciptakan produk, perusahaan yang dimilikinya menjadi besar.

"Waktu saya memulai usaha, banyak sekali pantangan dan halangan. Tapi dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dengan berani berinovasi dan mau mengambil risiko, alhamdulilah usaha yang tadinya hanya tiga orang karyawan sudah menjadi usaha nasional," papar Sandiaga. "Sehingga membuka lapangan kerja bagi 30.000 karyawan di seluruh Indonesia," sambungnya.

Maka dari itu, Sandiaga berpesan kepada peserta untuk jeli melihat peluang usaha sekecil apapun. Sebab jika dikelola dengan baik, limbah kopi yang tadinya tidak berharga, kini bisa mendatangkan pundi rupiah bagi pelaku UMKM. "Gunakan kesempatan ini untuk menciptakan peluang usaha dan kita perlu bangga dalam menggunakan merek kebanggan bangsa kita," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, peserta pelatihan, Arniwita mengungkapkan, program pelatihan yang diberikan Sandiaga Uno sangat bermanfaat baginya dan pelaku UMKM. Bahkan, ia bersama pelaku UMKM yang lain berencana memproduksi sekaligus berjulan produk kosmetik dari limbah kopi.

"Kami juga sudah berencana nih bersama teman-teman untuk memanfaatkan limbah dari kafe itu, kita kumpulkan untuk selanjutnya di olah menjadi kosmetik seperti ini," terangnya.



Melihat berbagai terobosan yang diberikan oleh Sandiaga, Arniwita menegaskan dukungannya terhadap Sandiaga Uno di Pilpres 2024. Alasannya, karena sosok Menparekraf tersebut sangat peduli dengan pelaku UMKM se-Indonesia dan terbukti jam terbangnya dalam memimpin bangsa. "Bagi saya, sosok beliau sangat menginspirasi, sehingga kami berharap dengan semua talenta beliau, entrepreneurship-nya beliau, saya harap beliau bisa menjadi presiden di 2024," pungkasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3907 seconds (0.1#10.140)