Sri Mulyani Ungkap Dana untuk Pembangunan Infrastruktur, Jumlahnya Wow!

Selasa, 06 September 2022 - 19:05 WIB
loading...
Sri Mulyani Ungkap Dana untuk Pembangunan Infrastruktur, Jumlahnya Wow!
Pembangunan infrastruktur membutuhkan dana ribuan triliun. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap, pemerintah membutuhkan anggaran ribuan triliun rupiah untuk membangun infrastruktur di dalam negeri. Untuk pembebasan lahan saja, pemerintah sudah menggelontorkan dana sebesar Rp125 triliun.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ekonomi Dunia Kacau Balau, Ini Dampaknya ke Penerimaan Negara

Pernyataan tersebut dia sampaikan dalam sambutannya di gelaran Penyelesaian Transaksi antara PT Waskita Toll Road (WTR) dengan Indonesia Investment Authority (INA) terkait Ruas Tol Kanci-Pejagan dan Pejagan-Pemalang.

Menurut Sri Mulyani, dana Rp125 triliun yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu dialokasikan untuk pembebasan lahan bagi 128 proyeks strategis nasional (PSN). Jumlah proyek tersebut dibangun pemerintah sejak 2016-2022.

"Selama ini 128 proyeks strategis nasional Rp716,4 triliun (nilai investasi) dari land akuisisi dari APBN, makanya kita bisa mengeluarkan dana lebih dari Rp125 triliun only for land akuisisi," ungkap Sri Mulyani, Selasa (6/9/2022).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menilai pembangunan PSN, khusus proyek infrastruktur, tidak serta merta bergantung pada APBN hingga neraca keuangan BUMN saja. Pasalnya, pembangunan infrastruktur membutuhkan dana yang teramat besar.

Baca juga: Tim Mahasiswa Fisika FMIPA IPB Sabet Medali Emas pada Kompetisi Internasional 2022

"Karena kebutuhan untuk pembangunan infrastruktur bukan Rp100 triliun, bukan Rp700 triliuh, but it can be ribuan triliun," kata dia.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2061 seconds (11.210#12.26)