Menperin Minta Industri Besar Serap Bahan Baku dari UMKM

Kamis, 02 Juli 2020 - 06:51 WIB
loading...
Menperin Minta Industri Besar Serap Bahan Baku dari UMKM
Pekerja menyelesaikan proses pembuatan sepatu kulit di salah satu UMKM di Jakarta, Jumat (12/6/2020). Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya meningkatkan penjualan produk lokal hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) nasional. Salah satu strateginya dengan meluncurkan kampanye #SemuanyaAdaDisini . Upaya tersebut diharapkan semakin menumbuhkan industri nasional agar mampu terus berkontribusi positif pada perekonomian.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita tengah berupaya menjadikan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) serta industri kecil dan menengah (IKM) jadi pemasok bahan baku yang dibutuhkan oleh industri besar di Indonesia.

"Kami ingin sekali agar supply chain bagi industri menengah atas itu bisa dilakukan oleh IKM di Indonesia. Ini yang kami terus upayakan. Oleh sebab itu yang penting adalah bagaimana kita mempersiapkan IKM menjadi bagian yang tak terpisahkan, integral dari industri besar," kata Agus di Jakarta, Rabu (1/7/2020). (Baca juga : Menperin Pacu 2.925 Industri Kecil untuk Tingkatkan Kualitas Produk )

Dia menyampaikan, kampanye #SemuanyaAdaDisini yang bertujuan mengajak masyarakat untuk belanja produk industri dalam negeri, sekaligus mendorong IKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam strategi pemasarannya.

“Kampanye ini didukung sepenuhnya oleh asosiasi, pemerintah daerah, paguyuban dan komunitas industri, dewan kerajinan nasional dan daerah, pelaku industri itu sendiri, serta seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini kita memasuki era normal baru yang mengubah perilaku belanja masyarakat. "Dampak pandemi mempercepat transformasi digital baik untuk pelaku bisnis maupun masyarakat,” jelas Agus.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan menuturkan, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus mampu bekerjasama untuk mengembangkan produk dalam negeri yang berkualitas, guna memenugi kebutuhan konsumen dalam dan luar negeri.

“Kampanye #SemuanyaAdaDisini sangat pas, karena menunjukkan optimisme yang tinggi bahwa Indonesia mampu memproduksi kebutuhan sehari-hari kita,” ujarnya.

Dia memaparkan, gerakan nasional #BanggaBuatanIndonesia dengan mengedepankan penjualan secara online, salah satunya melalui marketplace diyakini akan mampu mengakselerasi perputaran ekonomi, menjadi sarana pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, serta menunjukkan keberpihakan bagi produk-produk dalam negeri.

“Sebagaimana arahan Presiden, target kita adalah dua juta UMKM masuk dalam eksositem digital. Hari ini kita sudah memiliki total 8,6 juta yang masuk dalam ekosistem digital. Kita semua telah menunjukkan komitmen dengan memberikan berbagai dukungan bagi UMKM, seperti pelatihan daring, e-learning, hingga relaksasi perizinan,” jelasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)