Berdayakan Wanita Pelaku Usaha Ultra Mikro, PNM Berikan NIB dan Pelatihan di NTT

Rabu, 07 September 2022 - 18:18 WIB
loading...
Berdayakan Wanita Pelaku Usaha Ultra Mikro, PNM Berikan NIB dan Pelatihan di NTT
PNM bekerja sama dengan PLUT-KUMKM Provinsi NTT menggelar pelatihan dan menyerahkan NIB bagi 500 nasabah PNM di NTT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan PLUT-KUMKM Provinsi NTT menyelenggarakan pelatihan dan menyerahkan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi 500 nasabah PNM di Gedung El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Adapun tema yang diusung yakni “Targeted Small Business Course For Female Entrepreneurs: Mama Menabung, Keluarga Sejahtera, Mama Su Ada NIB, Usaha Semakin Jaya”.

"Pelatihan dan pemberian NIB ini tentu menjadi salah satu upaya PNM dalam memberikan yang terbaik untuk UMKM dalam memajukan ekonomi kerakyatan melalui tiga modal tersebut” ujar Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dalam keterangan tertulis, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Erick Thohir Semangati UMKM Binaan Pertamina di Tong Tong Fair Belanda: Lanjutkan Proses Go Global

Arief mengatakan pada kegiatan ini, seluruh nasabah yang hadir dapat langsung memiliki buku tabungan BRI dan juga dapat langsung memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) agar usahanya mendapatkan legalitas dan memudahkan produk para nasabah untuk dapat bersaing di tengah perkembangan zaman.

Dia juga mengklaim bahwa PNM secara konsisten memberikan tiga modal kepada para nasabahnya yakni modal finansial, intelektual dan sosial.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman, sedangkan modal sosial dengan memberikan fasilitas membangun hubungan antar-nasabah sehingga membentuk jaringan usaha kolektif untuk mempercepat pertumbuhan usaha nasabah.

Baca juga: Dikejar Deadline, 37 Bank Belum Penuhi Modal Inti Rp3 Triliun

"Dalam pelatihan, materi yang diberikan adalah manfaat dalam menabung dan bagaimana tips atau cara agar nasabah dapat menyisihkan uangnya untuk menabung, juga kemudahan dalam membuka dan mendapatkan buku tabungan," paparnya.

Sebagai informasi, hingga 6 September 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp139,2 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 12,5 juta nasabah.



Saat ini PNM memiliki 3.500 kantor layanan PNM Mekaar dan 624 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 443 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1466 seconds (10.101#12.26)