7 Negara Penghasil Batuan Fosfat Terbesar di Dunia

Selasa, 13 September 2022 - 16:11 WIB
loading...
7 Negara Penghasil Batuan Fosfat Terbesar di Dunia
Terdapat beberapa negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia yang bisa diketahui. Foto DOK Kabupaten Blora
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia yang bisa diketahui. Melihat dari riwayatnya, produksi global tahunan fosfat cukup besar. Hal ini belum termasuk sumber cadangannya yang tak kalah besar.

Fosfat sendiri mengandung fosfor dan ditemukan dalam bentuk batuan fosfat yang kemudian diolah menjadi diamonium fosfat serta turunan pupuk lainnya.

Baca juga : Deretan Negara Penghasil Teknologi Senjata Canggih

Dilansir dari laman Statista, berikut tujuh negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia :

1. China

Sebagai salah satu negara berpengaruh di dunia, China juga memiliki sederet sektor menjanjikan dan menjadi andalan. Negara di kawasan Asia Timur ini diketahui sebagai negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia.

Menurut data Statista, produksi batuan fosfat China pada tahun 2021 mencapai angka 85 juta metrik ton. Besaran tersebut jauh melampaui negara-negara lain di dunia yang bahkan tidak mencapai angka 40 juta metrik ton produksi.

2. Maroko

Maroko merupakan negara paling barat di wilayah Maghreb, Afrika Utara. Negara mayoritas Islam ini berbagi perbatasan dengan Aljazair di timur dan Sahara Barat di selatan.

Pada tahun 2021, Maroko tercatat sebagai produsen batuan fosfat terbesar kedua di dunia. Hasil produksinya sendiri mencapai 38 juta metrik ton fosfat. Meski terpaut cukup jauh dengan China di peringkat teratas, setidaknya Maroko bisa mengungguli negara adidaya lain seperti AS.

3. Amerika Serikat

Di posisi ketiga ada Amerika Serikat. Dalam berbagai sektor, negara superpower ini memiliki persaingan yang cukup ketat dengan negara maju lain seperti Rusia hingga China.

Dalam sektor pertambangan, Amerika Serikat masuk dalam daftar produsen fosfat terbesar. Pada tahun 2021, produksi batuan fosfat di AS mencapai angka 22 juta metrik ton.

4. Rusia

Beralih ke saingan Amerika Serikat, Rusia juga memiliki produksi batuan fosfat yang cukup besar. Menurut data Statista, negara paling luas di dunia ini menghasilkan sekitar 14 juta metrik ton fosfat.

Besaran tersebut menempatkannya di peringkat keempat dan menjadi yang terbesar di kawasan Eropa.

Baca juga : 5 Negara Penghasil Ikan Salmon Terbesar di Dunia

5. Yordania

Negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia berikutnya adalah Yordania. Negara di kawasan Asia Barat ini berbatasan dengan Arab Saudi di selatan da timur, Suriah di Utara, serta Irak di bagian timur lautnya.

Pada tahun 2021, Yordania memiliki hasil produksi batuan fosfat yang cukup besar. Angkanya sendiri mencapai 9,2 juta metrik ton fosfat. Besaran tersebut menempatkannya di peringkat kelima dan mengungguli Arab Saudi.

6. Arab Saudi

Selain Yordania, Arab Saudi juga menjadi negara kawasan Timur Tengah yang menjadi produsen fosfat terbesar di dunia. Menurut data Statista, per 2021 Arab Saudi menghasilkan sekitar 8,5 juta metrik ton batuan fosfat.

7. Brazil

Berpindah ke Amerika Latin, Brazil menempati posisi ketujuh. Negara terbesar di Amerika Selatan ini memproduksi sekitar 5,5 juta metrik ton batuan fosfat pada tahun 2021.

Demikian ulasan mengenai negara penghasil batuan fosfat terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)