4 Berlian Termahal di Dunia, Nomor 1 Setara dengan Banderol Kota Terapung

Kamis, 15 September 2022 - 14:20 WIB
loading...
4 Berlian Termahal di Dunia, Nomor 1 Setara dengan Banderol Kota Terapung
Mountain of Light Diamond atau berlian Kohinoor menjadi salah satu yang termahal di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Berlian merupakan batuan perhiasan alami yang paling dicari oleh manusia sebab keindahannya yang memesona. Semakin indah berlian, semakin mahal harganya, semakin membawa kepercayaan diri si pemakai.

Baca juga: Harga Berlian Kohinoor dan Sejarah Kelamnya, Tembus Rp171 Triliun?

Berlian tak hanya sebagai perhiasan, tapi juga simbol sosial . Semakin mahal berlian yang dibeli, semakin tajir orang yang memilikinya.

Lantas berapa harga berlian paling mahal di dunia. Berikut ulasannya yang diambil dari berbagai sumber.

1. Mountain of Light Diamond

Ini adalah berlian yang terbilang paling mahal di dunia. Berlian ini juga dikenal dengan The Mountain of Light, karena beratnya adalah 105,6 karat. Berlian yang merupakan batu permata tak berwarna ini menjadi bagian dari British Crown Jewels.

Berlian yang diperkirakan berasal dari India ini, batu permatanya adalah bagian dari Tahta Merak Mughal. Berlian ini secara kontroversial dipindahkan ke Ratu Victoria ketika Inggris mencaplok Punjab. Walaupun berlian Kohinoor ini dianggap tak ternilai harganya, seluruh permata mahkota itu diperkirakan bernilai lebih dari USD1 miliar atau Rp14,5 triliun (kurs Rp14.500).

Harga berlian ini setara dengan banderol Streets of Monaco, kapal pesiar sepanjang 500 kaki yang menyerupai kota terapung. Streets of Monaco adalah salah satu kapal pesiar mewah yang termahal di dunia, di bawah History Supreme dan Eclipse.

2. Berlian Cullinan (The Cullinan Diamond)

The cullinan diamond adalah kumpulan dari 105 batu potongan yang berbeda dan juga merupakan berlian kasar dengan kualitas terbesar yang pernah ditemukan. Berlian ini diberi nama sesuai dengan nama ketua tambang, Thomas Cullinan. Berlian ini dipotong menjadi 9 bagian batu besar yang totalnya 1.055,89 karat dan ada 96 elemen yang belum dipoles, juga batu permata kecil.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1345 seconds (11.97#12.26)