Pefindo Tegaskan Peringkat idBBB+ untuk MNC Kapital (BCAP)

Jum'at, 23 September 2022 - 09:17 WIB
loading...
Pefindo Tegaskan Peringkat idBBB+ untuk MNC Kapital (BCAP)
Pefindo Beri Peringkat idBBB+ bagi MNC Kapital (BCAP). Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia atau Pefindo menegaskan peringkat idBBB+ untuk PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan obligasi perusahaan yang masih beredar. Prospek atas peringkat perusahaan adalah stabil.

Peringkat ini mencerminkan posisi bisnis yang membaik dari MNC Kapital, permodalan yang di atas rata-rata, dan likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang memadai.

Namun, peringkat dibatasi oleh arus kas tidak langsung terhadap arus kas operasional anak-anak perusahaan, indikator profitabilitas yang moderat, dan volatilitas di pasar modal dan investasi.

Peringkat dapat dinaikkan lebih lanjut jika profil bisnis BCAP terus menguat secara signifikan melalui peningkatan indikator bisnis dan keuangan anak-anak perusahaan intinya secara berkelanjutan.

Baca juga: Laba Bersih MNC Kapital (BCAP) Melesat 4 Kali Lipat Capai Rp61,2 Miliar di Semester I 2022

Sebaliknya, peringkat dapat diturunkan jika arus kas perusahaan melemah secara signifikan akibat memburuknya profil kredit anak-anak perusahaan inti BCAP.

Peringkat BCAP juga dapat mengalami tekanan jika MNC Bank tidak mampu memenuhi pemenuhan modal inti bank umum sesuai yang direncanakan.

Sebagai informasi, MNC Kapital adalah perusahaan induk investasi yang saat ini memiliki sembilan anak perusahaan inti yang bergerak di bidang perbankan, sekuritas, manajemen investasi, pembiayaan konsumen, pembiayaan sewa guna usaha, asuransi jiwa, asuransi umum, dan perusahaan teknologi keuangan.

Baca juga: MNC Kapital Optimistis MotionCredit Punya Potensi Besar

Pada akhir Juni 2022, sebanyak 50,31% saham Perusahaan dimiliki oleh PT MNC Asia Holding Tbk (d/h PT MNC Investama Tbk, BHIT atau Induk), Jalan Pantai Limited (9,24%), UOB Kay Hian (Hong Kong) Ltd (7,88%).

Selain itu, HT Investment Development Ltd (8,79%), perorangan (anggota manajemen, 0,31%), dan masyarakat (23,47%, dengan masing-masing kepemilikan di bawah 5%).

BHIT adalah perusahaan induk yang dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo dengan fokus usaha pada segmen media, hiburan, jasa keuangan dan investasi.
(ind)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1389 seconds (10.101#12.26)