Menparekraf: Sektor Swasta Berperan Strategis Bantu Ciptakan Lapangan Kerja Berkualitas

Senin, 26 September 2022 - 17:32 WIB
loading...
Menparekraf: Sektor Swasta Berperan Strategis Bantu Ciptakan Lapangan Kerja Berkualitas
Menparekraf Sandiaga saat memberikan sambutan dalam pertemuan tersebut di Grand Ball Room, Grand Hyatt Hotel Bali, Senin (26/9/2022). FOTO/MNC Media
A A A
NUSA DUA - Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan sambutan dalam pertemuan tersebut di Grand Ball Room, Grand Hyatt Hotel Bali, Senin (26/9/2022) mengatakan terdapat persepsi yang menyebutkan bahwa pekerjaan di bidang pariwisata seperti di hotel atau restoran bukanlah pekerjaan yang layak. Mereka sering dianggap memiliki jalur karier terbatas dan upah yang sedikit.

“Jika sebelum pandemi COVID-19, kita hanya memikirkan kuantitas, kali ini kita juga harus memikirkan kualitas pekerjaan di bidang pariwisata. Hal ini sesuai dengan pilar pertama G20 Bali Guidlines yang mempertimbangkan penciptaan lapangan kerja yang baik di bidang pariwisata melalui berbagai instrumen kebijakan termasuk meningkatkan keterampilan dan kewirausahaan SDM pariwisata,” kata Menparekraf Sandiaga.

Lihat Foto: Sandiaga Uno Raih Penghargaan dari UNWTO

Indonesia dikatakan Menparekraf Sandiaga memiliki target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2022 dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas di tahun 2024.

Ia menekankan pentingnya upaya menyatukan peran pemerintah dan swasta untuk berkolaborasi dengan baik, sehingga memungkinkan calon insan pariwisata mendapat pekerjaan yang layak, aman, adil, dan produktif. Salah satu upaya yang bisa ditempuh yakni dengan mengatasi kesenjangan keterampilan. Pekerjaan yang lebih layak cenderung memiliki persyaratan keterampilan yang lebih tinggi.

“Pemerintah dan swasta perlu memiliki kolaborasi yang lebih kuat agar mereka mampu membekali tenaga kerja dengan keterampilan yang benar-benar dibutuhkan oleh swasta,” kata Menparekraf.

Kemudian, dibutuhkan standar perlindungan pekerja yang lebih adil di bidang pariwisata termasuk dalam hal upah, keseimbangan kehidupan kerja, dan kemungkinan manfaat lainnya.

“Pemerintah perlu meningkatkan standar ketenagakerjaan dengan berkonsultasi bersama serikat pekerja dan bisnis di sektor swasta dengan cara yang dapat mendukung pekerja dengan lebih baik tanpa meninggalkan daya saing sektor pariwisata,” kata Sandiaga.

Menparekraf: Sektor Swasta Berperan Strategis Bantu Ciptakan Lapangan Kerja Berkualitas


Lalu, memfasilitasi pelaku pariwisata dengan berbagai insentif yang diperlukan dalam menunjang pengembangan diri SDM. Dengan begitu harapannya mereka mampu mendapat lapangan kerja yang lebih baik dan lebih layak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2184 seconds (11.252#12.26)