Erick Thohir Luncurkan 3 Inisiatif Pendanaan Startup, Intip Skemanya

Selasa, 27 September 2022 - 10:36 WIB
loading...
Erick Thohir Luncurkan 3 Inisiatif Pendanaan Startup, Intip Skemanya
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi meluncurkan tiga inisiatif pendanaan bagi perusahaan rintisan atau startup baru, begini skemanya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir resmi meluncurkan tiga inisiatif pendanaan bagi perusahaan rintisan atau startup baru. Adapun pendanaan ini difokuskan pada sektor pangan, kesehatan, dan energi.

Dalam skemanya, PT Pupuk Indonesia (Persero) membentuk Agri Fund. Lalu, Biohealth Fund melalui PT Bio Farma (Persero), dan Energy Fund melalui Pertamina NRE. Erick mencatat ketiga inisiatif baru ini dipilih sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga: Erick Thohir Larang Direksi BUMN Investasi Langsung ke Startup, Ini Alasannya!

Di mana BUMN harus melakukan inovasi dan transformasi untuk menjawab tantangan global agar bisa mencapai ketahanan pangan, kesehatan, dan energi.

"Inisiatif strategis Kementerian BUMN akan berfokus pada 5 prioritas utama, melalui program investasi dan partnership untuk startup Indonesia agar dapat mengoptimalkan nilai dan ekosistem digital yang sehat," ungkap Erick Thohir, Selasa (27/9/2022).

Pupuk Indonesia sebagai perusahaan pupuk dan petrokimia melalui Agri Fund berupaya meningkatkan kesejahteraan petani, mendukung program ketahanan pangan, dan ekspansi bisnis pangan di Indonesia.

Adapun Bio Farma sebagai holding BUMN Farmasi melalui Bio-health Fund untuk mendukung ketahanan kesehatan di dalam negeri.

Sebagai subholding Pertamina dalam menjalankan amanah transisi energi, Pertamina NRE membentuk Energy Fund yang diperuntukkan bagi ketahanan energi dan investasi pada perusahaan rintisan di bidang teknologi dan sektor energi baru terbarukan.

Baca Juga: Banyak Startup Gagal dan Gulung Tikar, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya

Pelaksanaan 3 inisiatif pendanaan startup ini ditandai dengan penandatanganan Limited Partnership Agreement antara Bio Farma dan MDI Ventures, Head of Agreement Pupuk Indonesia, dan Head of Agreement Pertamina Power Indonesia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1143 seconds (10.101#12.26)