3 Dampak Naiknya Harga Gas Rusia di Negara-Negara Eropa, Terakhir Krisis Ekonomi

Kamis, 06 Oktober 2022 - 13:33 WIB
loading...
3 Dampak Naiknya Harga Gas Rusia di Negara-Negara Eropa, Terakhir Krisis Ekonomi
Terdapat sejumlah dampak kenaikan harga gas Rusia di negara-negara Eropa yang bisa diketahui. Foto DOK Reuters
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah dampak kenaikan harga gas Rusia di negara-negara Eropa yang bisa diketahui. Rusia menyatakan salah satu pipa pasokan gas utamanya ke Eropa akan tetap ditutup tanpa batas waktu, bersamaan dengan itu harga gas Eropa juga meningkat pesat.

Dilansir dari reuters, harga pasokan gas melonjak setinggi 272 MWh ketika pasar dibuka ditengah ungkapan Rusia akan adanya kebocoran pada peralatan pipa Nord Stream. Sehingga akan tetap ditutup setelah penghentian pemeliharaan.

Baca juga : Uni Eropa Makin Blingsatan Gara-gara Gas Rusia

Kontrak gas TTF Belanda Oktober telah berkurang menjadi 256 euro, naik 23% hari ini pada 0723 GMT tetapi hampir 400% lebih tinggi dari tahun lalu.

Eropa menuduh Rusia mempersenjatai pasokan energi sebagai pembalasan atas sanksi barat yang dijatuhkan pada Moskow terhadap invasinya ke Ukraina.

Berikut dampak naiknya harga gas Rusia di negara-negara Eropa :

1. Berkurangnya Pasokan Gas

Pipa Nord Stream, yang mengalir di bawah Laut Baltik ke Jerman, secara historis memasok sekitar sepertiga dari gas yang diekspor Rusia ke Eropa tetapi sudah berjalan hanya dengan 20% dari kapasitas sebelum aliran dihentikan minggu lalu untuk pemeliharaan.

"Pasokan sulit didapat, dan semakin sulit untuk mengganti setiap gas yang tidak berasal dari Rusia," kata Jacob Mandel, rekanan senior untuk komoditas di Aurora Energy Research.

Gas Rusia yang dipasok melalui Ukraina, rute utama lainnya, juga telah berkurang, membuat UE berlomba untuk menemukan pasokan alternatif untuk mengisi ulang fasilitas penyimpanan gas untuk musim dingin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)