Uni Eropa Makin Blingsatan Gara-gara Gas Rusia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 23:45 WIB
loading...
Uni Eropa Makin Blingsatan Gara-gara Gas Rusia
Uni Eropa memulai langkah agar tak bergantung pada gas Rusia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Uni Eropa (UE) berencana untuk melanjutkan kehidupan tanpa gas Rusia . Para pemimpin UE menggelar pertemuan pada Jumat (25/6/2022) dan menuturkan bahwa energi murah telah hilang.

Baca juga: Rusia Tidak Akan Bergabung dengan Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir

Dilansir dari Reuters (25/6/2022) mereka menyetujui untuk meningkatkan persiapan pengurangan gas Rusia lebih lanjut. UE menuduh Moskwa menggunakan energi sebagai senjata yang bisa membuat Jerman menutup sebagian industrinya.

Pertemuan para pemimpin UE di Brussels ini digelar saat meningkatnya kekhawatiran atas kenaikan harga energi dan peringatan akan musim dingin yang sulit.

“Inflasi adalah perhatian utama kita semua,” kata Ketua Dewan Eropa Charles Michel pada konferensi pers saat pertemuan dua hari itu berakhir.

Selain itu ia juga menyatakan bahwa agresi Rusia memengaruhi harga makanan, energi, dan komoditas. Dia juga menambahkan bahwa para pemimpin UE sepakat untuk mengoordinasikan responss kebijakan ekonomi mereka secara dekat.

Diketahui pertemuan tersebut menyetujui beberapa langkah konkret. Tetapi, para pemimpin juga menugaskan Komisi Eropa untuk dapat menemukan lebih banyak upaya dalam mengamankan pasokan energi dengan harga terjangkau.

Ketua Komisi Eropa Ursula von der Leyen menyatakan bahwa pencarian pasokan alternatif sudah berlangsung. Sementara itu, eksekutif UE akan mempresentasikan rencana kesiapan untuk pemotongan gas lebih banyak dari Rusia kepada para pemimpin pada Juli mendatang.



“Berharap yang terbaik, dan bersiap untuk yang terburuk. Itulah yang kami lakukan sekarang,” jelasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1537 seconds (11.210#12.26)