Untung Besar dari Minyak, Ini Wilayah Sumber Emas Hitam Rusia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 16:03 WIB
loading...
Untung Besar dari Minyak, Ini Wilayah Sumber Emas Hitam Rusia
Rusia memiliki sejumlah wilayah penghasil minyak dengan cadangan yang jumlahnya cukup luar biasa. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Rusia tercatat sebagai salah satu dari tiga negara pengekspor minyak bumi terbesar dunia selain Arab Saudi danAmerika Serikat (AS). Pada 2020, Rusia diketahui menyumbang sekitar 11,6% dari ekspor minyak global dengan total pendapatan USD74,4 miliar.

Belakangan, minyak Rusia kembali mejadi sorotan dunia setelah operasi militer khusus yang digelar Negara Beruang Merah itu ke tetangganya, Ukraina. Minyakdisebut sebagai salah satu penghasil uang yang menggerakkan mesin-mesin perang Rusia. Karena itu, AS, Eropa dan sejumlah negara lainnya berupaya mengembargo minyak dari Rusia.



Mengutip Aljazeera, naiknya volume ekspor minyak yang dibarengi melonjaknya harga diperkirakan bakal mendongkrak pendapatan Rusiadari ekspor energi tahun ini menjadiUSD337,5 miliar atau sekitar Rp5.062 triliun (kurs Rp15.000 per USD), naik 38% dari perolehannya selama tahun 2021.

Rusia memang kaya akan sumber daya energi, salah satunya berupa minyak bumi. Mengutip Statista.com, pada 2020 cadangan minyak Rusia mencapai 14,8 miliar metrik ton, atau sekitar 6% dari cadangan minyakglobal. Rusia juga kaya gas alam yang selama ini diekspor ke negara-negara tetangganya, termasuk Eropa. Lantas, wilayah mana sajakah di Rusia yang menjadi sumber minyak buminya? Berikut di antaranya:

1. Siberia Barat
Umumnya, minyak yang diproduksi Rusia berasal dari daerah Siberia, baik itu Siberia Timur maupun Barat. Namun, Siberia baratlah yang betul-betul menghasilkan minyak terbanyak untuk Rusia,

Siberia Barat menjadi wilayah penghasil minyak utama dan terbesar untuk Rusia. Terhitung sekitar 6,4 juta barel di produksi per harinya, dan lebih dari 60% dari total produksi Rusia pada tahun 2013. Salah satu ladang terbesar serta tertua di Siberia Barat adalah ladang Samotlor, yang mana telah memproduksi minyak sejak tahun 1969.

2. Volga-Ural
Wilayah Volga tepatnya di pegunungan Ural, adalah daerah penghasil minyak terbesar nomor 2 setelah Siberia Barat. Di wilayah itu terdapat sebuah ladang minyak yang bernama Romashkinskoye (ditemukan pada tahun 1948), yang mana merupakan ladang minyak terluas di sana.

Ladang ini di dikelola oleh Tatneft, yang mana merupakan perusahaan minyak terbesar kelima di Rusia. Perusahaan tersebut pun terdaftar sebagai terbesar kedelapan di Rusia berdasarkan kapitalisasi pasar. Pada 2013, sekitar 300.000 barel minyak diproduksi per harinya dari ladang tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)