Dikawal, Kapal Pesiar Super Mewah Milik Putin Bergerak dengan Nama Baru

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 23:03 WIB
loading...
Dikawal, Kapal Pesiar Super Mewah Milik Putin Bergerak dengan Nama Baru
Superyacht atau kapal pesiar terbesar kedua milik Vladimir Putin diketahui sedang bergerak di lepas pantai Estonia, dengan kawalan kapal Penjaga Pantai Rusia. Foto/Dok Forbes
A A A
MOSKOW - Superyacht atau kapal pesiar terbesar kedua milik Vladimir Putin diketahui sedang bergerak di lepas pantai Estonia, dengan kawalan kapal Penjaga Pantai Rusia. Setelah lebih dari tujuh bulan lalu meninggalkan Jerman dengan tergesa-gesa menuju Kaliningrad, Graceful kini memiliki nama baru.

Baca Juga: Kapal Pesiar Mewah Hasil Sitaan dari Miliarder Rusia Dilelang, Minat?

Kapal pesiar mewah senilai USD119 juta dengan panjang 267 milik dari Presiden Rusia itu tertangkap kamera Carl Groll, seorang fotografer yang berkontribusi untuk TheYachtPhoto.com. Dalam foto yang dirilis oleh Forbes itu memperlihatkan, Graceful memiliki nama baru: Kosatka.

Nama yang diambil dari bahasa Rusia itu memiliki arti yakni "paus pembunuh". Membandingkan foto-foto Graceful yang tersedia di situs web industri kapal pesiar dengan foto Kosatka yang diperlihatkan Forbes, tampaknya mengkonfirmasi perubahan tersebut.

Kapal pesiar itu terlihat sedang melakukan perjalanan ke utara di laut Baltik di sebelah barat pulau Saaremaa, Estonia. Gambar-gambar itu menunjukkan Superyacht Kosatka dikawal oleh kapal Penjaga Pantai Rusia bersenjata, mungkin dalam perjalanan ke St. Petersburg.

Tidak jelas kapan Graceful mengubah namanya menjadi Kosatka, apakah ketika meninggalkan Kaliningrad, wilayah Rusia yang terjepit di antara Lithuania dan Polandia. Transponder kapal pesiar itu telah dimatikan setidaknya sejak 30 Agustus, menurut layanan pelacakan kapal MarineTraffic, ketika masih di Kaliningrad.

Seorang juru bicara pemerintah Rusia tidak segera menanggapi permintaan komentar seperti dilansir Forbes. Kosatka —yang saat itu bernama Graceful— meninggalkan pelabuhan Hamburg di Jerman pada 7 Februari, 17 hari sebelum pasukan Rusia menginvasi Ukraina.

Kapal itu berangkat ke Rusia setelah melakukan perbaikan selama lima bulan di galangan kapal Blohm+Voss, perusahaan yang membangun kapal pesiar itu pada tahun 2014. Setelahnya Departemen Keuangan AS menjatuhkan sanksi kepada Graceful —bersama dengan tiga kapal pesiar lain yang terkait dengan Putin— pada 2 Juni.

Baca Juga: Italia Sita Kapal Pesiar Mewah Milik Vladimir Putin

Terdaftar di Rusia, kapal pesiar Kosatka memiliki kolam renang di dalam ruangan, teater dan lantai dansa, helipad, dan suite hingga 12 tamu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3565 seconds (11.210#12.26)