Ajang Menciptakan Inovasi Kalangan Muda di Sektor Perkebunan

Rabu, 12 Oktober 2022 - 18:28 WIB
loading...
Ajang Menciptakan Inovasi Kalangan Muda di Sektor Perkebunan
Holding PTPN III terus mendukung upaya-upaya penciptaan inovasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III sukses menggelar ajang Planters Innovation Summit (PIS) 2022. Sembilan peserta yang terdiri dari tiga karya inovasi yang terpilih di tahap ketiga juga sudah mengikuti bootcamp atau pendalaman ide.

Baca juga: Lagi, Starbucks Rogoh Rp7,1 Miliar Beli Teh Produksi PTPN

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Seger Budiarjo menyampaikan, bootcamp atau pendalaman terhadap ide para inovator adalah salah satu tahapan yang penting dalam kompetisi tahunan ini.

“Sehingga, karya inovasinya semakin sempurna sebelum direalisasikan atau diimplementasikan, dan dipresentasikan kepada board of director (BOD) Holding Perkebunan Nusantara,” kata Seger dalam keterangan tertulis dikutip Rabu (12/10/2022).

Seger menilai, sembilan peserta yang sudah lolos ke tahap ketiga, masing-masing memiliki ide inovasi yang bagus. Sebagaimana hasil seleksi PIS tahun sebelumnya, lanjut Seger, dengan sedikit penyempurnaan, karya-karya inovator muda PTPN Group tahun ini, juga bisa diimplementasikan untuk mendukung kinerja perusahaan.

“Tentunya, hasil seleksi PIS 2022 ini juga diharapkan akan muncul karya-karya baru yang bisa menambah daftar inovasi bagi perusahaan,” ungkapnya.

Di tahap ketiga, Planters Innovation Summit (PIS) 2022 bertajuk “Innovation To Elevate”, meloloskan tiga inovasi dari masing-masing kategori. Untuk tiga besar dalam kategori business strategy, yakni “Mill Monitoring for eXcellent PTPN4 (MIXN4)”, “NUSAPRO (Nusalima Palm Oil Protector)”, dan “Optimalisasi Kapasitas Pabrik RSS Unit Way Berulu Melalui Modifikasi Proses Olah”.

Kategori social innovations, yakni “One Hand System MITRA TANI PTPN XI untuk Peningkatan Pelayanan Petani PG PRAJEKAN”, “Lumbribox - Kolaborasi Ekonomi Masyarakat Mandiri”, serta “Deteksi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan”. Sedangkan untuk kategori technology breakthrough, yaitu “Digital Farming Karet untuk PTPN”, “Aplikasi Pupuk Nusantara (APN)”, dan “Super Apps Oss Planters untuk Mendukung On Farm dan Off Farm PT Perkebunan Nusantara XII”.

Kompetisi Planters Innovation Summit merupakan inisiasi dari BUMN Muda Perkebunan, sebuah wadah generasi muda PT Perkebunan Nusantara III (Persero) untuk menyatukan gagasan, pengembangan potensi, dan menyukseskan program Menteri BUMN Erick Tohir.

“Beliau percaya, bahwa anak muda adalah aset masa depan yang harus senantiasa dijaga dan dibina guna melahirkan talenta pemimpin di lingkungan BUMN. Diharapkan, dengan adanya kompetisi inovasi seperti ini dapat menumbuhkan budaya inovasi di lingkungan kerja PTPN Group dan ke depannya dapat berdampak positif untuk kinerja perusahaan yang lebih hebat lagi,” ujar Ketua BUMN Muda Perkebunan Benny Wijaya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1844 seconds (11.252#12.26)