PUPR Bakal Bangun Ulang Stadion Kanjuruhan dengan Fondasi 7 Rekomendasi

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 08:56 WIB
loading...
PUPR Bakal Bangun Ulang Stadion Kanjuruhan dengan Fondasi 7 Rekomendasi
Jokowi saat meninjau Stadion Kanjuruhan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan evaluasi teknis untuk Stadion Kanjuruhan , Malang, Jawa Timur, sudah dilakukan. Audit teknis stadion dilakukan oleh para pakar/ahli struktur bangunan, arsitektur, MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing), dan ahli mitigasi risiko kebakaran, serta unsur pemerintah.



Menurut Menteri Basuki, terdapat tujuh rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan, dan tiga rekomendasi di antaranya berhubungan dengan terjadinya tragedi Kanjuruhan.

"Pertama mengenai tangga-tangga tribun, terutama untuk tribun ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, dikutip Jumat (14/10/2022).

Kedua, pintu stadion tidak ada jarak dengan anak tangga dan elevasi tangganya juga terlalu curam, dan ketiga tidak ada pintu darurat, yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribun.

Empat rekomendasi lainnya adalah terkait dengan penerangan, kamar kecil, perimeter atau batas antara bangunan utama Stadion dengan area parkir serta pagar pembatas. Hasil rekomendasi itu selanjutnya akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

"Setelah ditetapkannya tujuh rekomendasi ini, Kementerian PUPR akan mendesain ulang Stadion Kanjuruhan untuk dilakukan renovasi sehingga menjadi laik fungsi," sambung Menteri Basuki.



Menteri Basuki berharap proses pengerjaan redesain Stadion Kanjuruhan dapat diselesaikan antara tiga sampai empat bulan dan dilanjutkan dengan pekerjaan fisik.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)