Kementan Dorong Generasi Muda Jawa Barat Berwirausaha di Sektor Pertanian

Selasa, 18 Oktober 2022 - 23:03 WIB
loading...
A A A
Kegiatan yang bertemakan Peningkatan Kapasitas Pemuda melalui Workshop Motivasi Bisnis bagi Pemula (Business Motivation Pathway) berlangsung di kantor BPP Sagala Herang selaku BDSP Program YESS di Kecamatan Sagala Herang, Subang.

Kegiatan pelatihan diikuti 30 peserta, sebagian besar wanita sebanyak 18 orang dan sisanya adalah pria, masing-masing mewakili delapan desa di Kecamatan Sagala Herang. Dalam pelatihan bisnis bagi pemula ini, peserta dimotivasi bagaimana membangun karakter jiwa wirausaha, ciri wirausaha, karakteristik wirausaha, manfaat dan tujuan wirausaha.

Para peserta CPM juga turut serta menilai pola pikir dan karakter peserta untuk menjadi wirausaha dengan cara menjawab sekitar 55 pertanyaan, hasilnya berupa skor yang akan diolah dan hasilnya akan menentukan apakah peserta termasuk ke dalam salah satu dari 10 Karakter Kewirausahaan Pribadi (KKP).

Karakter tersebut adalah pencarian peluang, orang yang gigih dan tekun, ketaatan kepada kontrak kerja, tuntutan terhadap kualitas dan efisiensi, pengambilan resiko, penetapan tujuan, pencarian informasi, perencana dan monitoring, persuasi dan percaya diri.

Setelah mengetahui karakter dirinya, peserta pelatihan akan lebih mudah diarahkan dan mengenali kemampuan sendiri, sehingga memudahkan identifikasi jenis usaha yang cocok untuk peserta plus teori psikologi Johari Window, yang dipaparkan pada kesempatan terakhir setelah pengetesan karakter.
(dar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)