50 UMKM Terbaik Binaan Pertamina Siap Pikat Buyers di TEI 2022

Kamis, 20 Oktober 2022 - 04:01 WIB
loading...
50 UMKM Terbaik Binaan Pertamina Siap Pikat Buyers di TEI 2022
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Trade Expo Indonesia (TEI) 2022, Rabu (19/10/2022). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menyiapkan 50 usaha mikro kecil menengah (UMKM) terbaik binaannya untuk ikut serta di ajang pameran dagang terbesar Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) 2022. Pertamina optimistis UMKM binaannya mampu menggaet pembeli di pameran dagang akbar yang digagas Kementerian Perdagangan tersebut.

Pertamina mengikutsertakan 50 UMKM terbaiknya dari hasil kurasi terhadap 196 UMKM binaan yang mendaftar secara online. Para UMKM tersebut dikurasi berdasarkan analisis potensi pasar global melalui platform global e-commerce dan identifikasi pemenuhan syarat legalitas sesuai dengan kriteria supplier global.



VP CSR & SMEPP Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, 50 UMKM tersebut juga melewati proses seleksi pihak eksternal, yaitu Alibaba Group, yang merupakan sebuah ekosistem ekonomi digital yang menyediakan infrastruktur dan jangkauan pemasaran integratif. "Alibaba juga melihat seberapa besar potensi yang dimiliki UMKM berdasarkan produk kategori dan negara peminat, serta berdasarkan analisa potensi produk," ujar Fajriyah dalam keterangannya, Rabu (19/10/2022).

Pertamina juga membekali 50 UMKM binaannya dengan memberikan bimbingan teknis yang telah dilaksanakan secara online Senin (17/10) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Pertamina menghadirkan mentor yang sudah berpengalaman dalam mendampingi UKM dan IKM go global melalui platform Alibaba.com.

"UMKM diberikan pemahaman keuntungan mengetahui pasar potensial sehingga UMKM dapat mengetahui negara tujuan sebagai lokasi utama dalam berpromosi. UMKM dapat fokus melakukan promosi ke negara potensial ekspor, membuat marketing dan promosi tepat sasaran, dan tentunya dapat membantu mempermudah persiapan dokumentasi persyaratan ekspor," paparnya.

UMKM terpilih berasal dari berbagai kota dan provinsi antara lain Jakarta, Tangerang, Bali, Yogyakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Kalteng, Kaltim, Sulsel, Sumut dan Riau. Sementara produknya beragam dari berbagai sektor, seperti fashion, handycraft, food and beverage, beauty and health, jewerly dan craft yang memiliki mutu, level serta kualitas yang sesuai dengan kebutuhan pasar global.

Pemilik salah satu UMKM yang terpilih, Meeta A Fauzan mengaku bangga menjadi bagian dari ajang TEI 2022. UMKM fashion asal Kota Kembang yang menjadi mitra binaan Pertamina sejak 2020 ini berharap keikutsertaannya di TEI 2022 ini bisa memperluas pasar. "Semoga dengan keikutsertaan ini saya bisa mendapatkanbuyersbaru," cetusnya.



Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka TEI 2022 berharap target transaksi sebesar USD10 miliar bisa dicapai dalam ajang pameran dagang akbar ke-37 tersebut. "Kita harapkan itu akan mendorong surplus neraca perdagangan pada masa-masa mendatang," kata Presiden.

Jokowi pun mengajak semua elemen menjaga neraca perdagangan yang hingga September 2022 telah mencatatkan surplus senilai USD38,9 miliar. "Dari Januari sampai September surplus kita mencapai USD39,8 miliar. Ini jumlah yang tidak sedikit," tegas Kspala Negara.

TEI 2022 akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, pada 19 Oktober hingga 23 Oktober 2022. Pertamina berharap melalui keikutsertaan pada pameran dagang tersebut, UMKM mitra binaannya dapat tumbuh berkelanjutan, mandiri, naik kelas dan go global.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5565 seconds (0.1#10.140)