Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Ini Strategi Ganjar Pranowo

Senin, 24 Oktober 2022 - 10:30 WIB
loading...
Hadapi Ancaman Krisis Pangan, Ini Strategi Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyiapkan stratehi menghadapi ancaman krisis pangan tahun depan. FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinisi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) terus mendorong pangan lokal untuk memperkuat kedaulatan pangan. Krisis pangan global telah mengajarkan untuk memperkuat kedaulatan pangan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo telah menyiapkan strategi untuk menghadapi ancaman krisis pangan 2023 akibat resesi ekonomi. Di antaranya melalui optimalisasi produksi padi, jagung, dan kedelai (pajale) serta politik pupuk.
Terkait pangan strategis pajale, Ganjar mengatakan, potensi produksinya sangat bangus.

Terlebih, Ganjar menyebut banyak lahan di Jateng yang bisa dimanfaatkan untuk ditanami tiga komoditas pertanian tersebut, termasuk pekarangan.

"Sebenarnya kita sudah menghitung luasnya lahan pertanian itu yang sekarang dipakai oleh petani dibandingkan luas pekarangan. Ternyata pekarangannya jauh lebih banyak," kata Ganjar di Puri Gedeh, Kota Semarang, Jateng, Senin (24/10/2022).



Ganjar mengatakan, optimalisasi produksi pajale juga akan melibatkan berbagai pihak, termasuk Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Jateng yang akan berkoordinasi dengan Badan Riset dan Inovasi Negar (BRIN). Ganjar juga akan menghadirkan pasar yang melariskan penjualan pajale, salah satunya jajaran Pemprov Jateng sendiri.

"Maka rasa-rasanya pemerintah mesti hadir memberikan insentif kepada petani. Kalau perlu off-taker-nya kita dari pemerintah sehingga petani merasa mendapatkan keuntungan yang wajar ya. Ini yang mesti kita dorong," kata Ganjar.

Bersadarkan data Pemprov Jateng, realisasi produksi padi hingga September 2022 mencapai 8.238.177 ton dan akan mencapai 9.579.069 ton di akhir tahun. Sementara, produksi jagung pada periode yang sama mencapai 3.047.712 ton dan kedelai 47.246 ton.

Selain pajale, Ganjar juga akan mengoptimalkan politik pupuk untuk menghadapi potensi krisis pangan 2023. Ganjar menjelaskan, langkah ini dilakukan karena subsidi pupuk Jateng masih cukup terbatas.

"Soal politik pupuk nih, karena subsidi pupuk kita itu terbatas sekali dan jumlahnya secara kuantitas juga kurang. Maka hari ini coba kita dampingi dengan pupuk organik," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1849 seconds (0.1#10.140)