Punya Andil Besar, Kontribusi UMKM Signifikan Capai 61% di 2021

Rabu, 26 Oktober 2022 - 22:02 WIB
loading...
Punya Andil Besar, Kontribusi UMKM Signifikan Capai 61% di 2021
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,19 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

"Peranan dan kontribusi UMKM di dalam andil ekonomi nasional pada 2021 mencapai 61% dan UMKM juga menyerap 97 persen dari tenaga kerja di Indonesia," ujar Sri Mulyani, Rabu (26/10/2022).



Menurut dia, kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap sebanyak 97% dari total tenaga kerja yang ada. Selain itu, UMKM juga dapat menghimpun dana sampai 60,4% dari total investasi. Dukungan pertama diberikan dengan kemudahan akses permodalan. Pemerintah melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat diakses oleh UMKM melalui perbankan dan lembaga keuangan bukan bank termasuk koperasi, adalah salah satu contohnya. Saat ini lebih dari 6 juta UMKM yang telah mendapatkan KUR dengan subsidi bunga yang tentu akan meningkatkan kemampuan usaha mereka.

"Proporsi dari debitur perempuan KUR adalah 42%. Kita tentu berharap bahwa akan makin banyak dari UMKM yang mendapatkan akses permodalan dengan bunga dan biaya yang terjangkau," jelas Sri.

Berikutnya, Pemerintah menyalurkan Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Produk dari pembiayaan UMi adalah membuka penyaluran kredit dalam jumlah terbatas namun memiliki fleksibilitas dalam administrasi maupun aksesnya. 95% penerima program ini atau lebih dari 6,4 juta debiturnya adalah perempuan.



"Program pembiayaan juga dilengkapi dengan program pendampingan. Ini terutama agar para perempuan tadi yang mayoritas 95% yang meminjam makin memiliki keterampilan dan pengetahuan kewirausahaan. Tentu ini diharapkan akan makin mengembangkan upaya mereka," kata dia.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)