Ribuan KPM di Balikpapan dan Kawasan IKN telah Terima BLT BBM

Kamis, 27 Oktober 2022 - 17:10 WIB
loading...
Ribuan KPM di Balikpapan dan Kawasan IKN telah Terima BLT BBM
Petugas dari Kantor Pos Indonesia Cabang Balikpapan menyerahkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) kepada warga yang sedang sakit di rumahnya di Balikpapan, Kalimantan Timur.
A A A
JAKARTA - Kantor Pos Balikpapan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) untuk 10.534 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran dilakukan melalui kantor Pos Indonesia, hingga melalui kantor kecamatan, untuk memudahkan KPM mengambil bantuan mereka. Tiap KPM menerima BLT BBM periode dua bulan senilai Rp300.000.

Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Balikpapan Wendy Nugroho mengatakan bahwa penerima harus membawa surat undangan penerima BLT dan kelengkapan syarat lain, untuk bisa mengambil bantuan. “Penyaluran BLT BBM dari Kementerian Sosial (Kemensos) sudah kita lakukan. Di mana selain BLT BBM, kami juga menyalurkan bantuan sembako senilai Rp 200,000, sehingga KPM menerima Rp500.000,” kata Wendy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/10/2022).

(Baca juga:BLT BBM Diyakini Membantu Masyarakat Kelompok Rentan)

Selain itu, penyaluran juga dilakukan secara door to door, atau bantuan diantarkan langsung ke rumah penerima, dengan melibatkan pekerja dari dinas sosial dan kelurahan. Penerima ini tidak bisa mengambil BLT BBM di kantor pos maupun di kantor kecamatan, lantaran sudah lanjut usia, sakit, hingga difabel.

“Jadi untuk bantuan yang kami antarkan, karena penerima tidak bisa datang ke loket pelayanan penyaluran BLT. Setelah dikonfirmasi dan masuk kriteria lansia, sakit, atau difabel, maka kita data dan kita antarkan,” kata Wendy.

Salah seorang penerima, Rodiyah menyampaikan sangat senang mendapat bantuan uang tunai dan diantarakan ke rumahnya. “Ya senang, karena diantar ke rumah. Uangnya bisa untuk belanja kebutuhan dapur setiap hari. Apalagi suami saya pekerja lepas harian,” ujar nenek berusia 84 tahun ini.

(Baca juga:Menteri Muhadjir Klaim BLT BBM Lebih Tepat Sasaran)

Hal senada juga disampaikan Tizah, yang tengah sakit stroke. Bantuan ini bisa membantunya untuk membeli kebutuhan memasak. “Suami saya kerja di toko bangunan untuk memenuhi kebutuhan hidup, jadi tidak sempat mengambil bantuan ke kantor pos. Senang sekali bantuan sudah diantarkan petugas, bisa buat makan sehari-hari,” ucap warga Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota ini.

10.960 Penerima di IKN Juga Dapat BLT BBM
Selain di wilayah Balikpapan, Kantor Pos Balikpapan juga menyalurkan BLT untuk KPM di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan jumlah penerima mencapai 10.960 penerima. Di mana hingga 26 September, sudah tersalur sebanyak 97,4%.

Perwakilan Kantor Pos Indonesia kabupaten PPU, Soni menuturkan timnya telah melakukan Pengantaran Uang BLT BBM kepada KPM yang berkebutuhan khusus, seperti lansia, sakit, atau disabilitas. “Mudah-mudahan amanah ini dapat kami salurkan dengan optimal dan juga dapat bermanfaat bagi seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” ujarnya.

(Baca juga:Legislator PAN Anggap BLT BBM Lebih Tepat Sasaran)

“Semua rasa peluh dan capek dalam perjalanan dalam menyalurkan dan pengantarkan uang BLT BBM terbayar dengan melihat ekspresi sumringah dan kebahagiaan dari para penerima, terutama yang diantarkan langsung,” kata Soni.

Sementara di Kabupaten Paser ada 10.488 penerima. Di dua lokasi ini penyaluran BLT juga dibantu petugas dari Kantor Pos Balikpapan dengan menggunakan sepeda motor trail, karena medannya yang berbukit, dan sempit, hingga menggunakan kapal kayu menyusuri muara. Sehingga dari tiga kabupaten dan kota ini, BLT BBM tersalurkan ke 31.982 keluarga penerima manfaat.
(dar)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4043 seconds (11.252#12.26)