Sandang Predikat National Lighthouse, Pupuk Kaltim Siap Wujudkan Making Indonesia 4.0

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 08:20 WIB
loading...
Sandang Predikat National Lighthouse, Pupuk Kaltim Siap Wujudkan Making Indonesia 4.0
Pupuk Kaltim terus menerapkan industri 4.0 dalam proses bisnis perusahaan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Kementerian Perindustrian ( Kemenperin ) mengunjungi PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ), Selasa lalu (25/10/2022). Kunjungan dilakukan untuk meninjau langsung perkembangan implementasi transformasi industri 4.0 dalam proses bisnis perusahaan.



Kepala BSKJI Kemenperin Doddy Rahadi mengungkapkan, kunjungan ini merupakan bentuk monitoring langsung implementasi industri 4.0 oleh Pupuk Kaltim, yang telah ditetapkan Kemenperin sebagai salah satu National Lighthouse di Indonesia. Pupuk Kaltim selaku benchmark industri 4.0 di bidang petrochemical, didorong untuk terus berperan menjadi contoh bagi industri sejenis, sehingga peningkatan daya saing perusahaan nasional makin tinggi dalam menjangkau potensi yang lebih besar di pasar global.

"Hal ini sebagai salah satu upaya mendukung industri Tanah Air dalam menjangkau pasar global dengan lebih luas, sehingga berbagai persoalan yang dihadapi industri bisa saling dukung untuk kemajuannya," ungkap Doddy dalam keterangan tertulis, Jumat (28/10/2022).

Sesuai roadmap Making Indonesia 4.0, dunia industri harus dapat melakukan transformsi industri 4.0, agar terus mampu menghadapi iklim kompetisi yang semakin ketat melalui efisiensi dan efektivitas kinerja.

Dalam mendukung tercapainya net zero emission tahun 2060, perusahan National Lighthouse juga memiliki peran vital dalam mendorong industri sejenis di Indonesia dalam melakukan dekarbonisasi secara signifikan. Inisiasi Pupuk Kaltim melalui program penurunan emisi karbon hingga 30% pada 2030 merupakan upaya yang bisa terus berkembang, sesuai prinsip environmental, social dan governance (ESG) yang diusung perusahaan.

"Hal ini memang harus disiapkan mulai sekarang, baik untuk pembangkit listrik maupun proses dengan menyusun energy baseline di industri pupuk. Ini yang harus kita pikirkan bersama untuk ke depannya," tambah Doddy.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengatakan, transformasi industri 4.0 di Pupuk Kaltim tidak pernah berhenti, meski telah ditetapkan sebagai National Lighthouse oleh Kemenperin. Berbagai inovasi dan pengembangan akan terus dilaksanakan, sesuai kebutuhan perusahaan yang tertuang dalam roadmap industri 2020-2024.

Hal ini juga merupakan upaya Pupuk Kaltim untuk memperkuat posisi sebagai pelaku industri terdepan, sekaligus berperan strategis pada pertumbuhan industri petrokimia di Indonesia. Dari transformasi yang berjalan, Pupuk Kaltim akan terus berupaya meningkatkan daya saing serta menjadi perusahaan unggul yang siap mengatasi segala tantangan industri masa kini.

"Dengan kemampuan dan skala produksi yang mumpuni, Pupuk Kaltim ditunjang SDM kompeten dalam mendorong kinerja melalui transformasi bisnis yang dijalankan sesuai roadmap perusahaan," ujar Qomaruzzaman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)