Industri Farmasi Butuh Teknologi Life Science untuk Tingkatkan Daya Saing

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 09:24 WIB
loading...
Industri Farmasi Butuh Teknologi Life Science untuk Tingkatkan Daya Saing
Industri farmasi adalah sektor yang krusial dan high demand. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Industri farmasi adalah sektor yang krusial dan high demand. Penerapan Pharma 4.0 yang ditandai dengan transformasi digital dinilai mutlak diperlukan guna memenuhi permintaan yang tinggi terhadap komoditas farmasi dan pemenuhan regulasi terkait.

Baca juga: Agar Penyebab Gangguan Ginjal Akut Temui Titik Terang, Perusahaan Farmasi Didorong Lakukan Ini

Untuk mempercepat adopsi Pharma 4.0, Honeywell menghadirkan solusi teknologi Life Science yang mendukung pertumbuhan dan daya saing industri farmasi Indonesia. Presiden Direktur Honeywell Indonesia, Roy Kosasih mengatakan solusi teknologi Life Science Honeywell dapat menjawab kebutuhan Pharma 4.0 di Indonesia.

"Teknologi kami bisa disesuaikan dengan kebutuhan industri, serta mendukung seluruh rantai nilai dari hulu sampai hilir. Seperti diketahui dalam industri farmasi, Quality Manufacturing System (QMS), Manufacturing Execution System (MES), dan Good Manufacturing Process (GMP) menjadi hal mutlak. Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan teknologi Life Science Honeywell dengan mengintegrasikan data dan mevisualisasikannya," kata Roy dalam keterangannya, Jumat (29/10/2022).

Sudah masanya industri farmasi Indonesia menggunakan teknologi Pharma 4.0 agar bisa meningkatkan produktifitas dan memenuhi tantangan regulasi industri farmasi. Bukan hanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi, penerapan teknologi dan digitalisasi dalam rantai produksi juga berimplikasi pada kemampuan dan kecepatan dalam pengambilan keputusan yang bersifat strategis.

Industri Farmasi Butuh Teknologi Life Science untuk Tingkatkan Daya Saing


Teknologi Life Science Honeywell dapat diaplikasikan secara bertahap hingga transformasi digital industri bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Pengintegrasian data bisa dimulai dari tahap data manual hingga ke tahap produksi yang sudah sepenuhnya digital dan memenuhi semua tuntutan QMS, EMS, GMP, serta predictive analysis.

Industri yang dapat menggunakan teknologi Life Science Honeywell termasuk farmasi, kesehatan, alat kesehatan, kimia, kosmetik, penelitian dan pengembangan, obat tradisionil, diagnostik, bioteknologi, terapi sel dan gen, keselamatan lingkungan, makanan dan obat-obatan.

Teknologi Life Science Honeywell dicakup oleh beberapa lini bisnis di antaranya, Honeywell Process Solutions: Manufacturing Process Automation, Enterprise Data Management, Cyber Security Solutions, QMS/MES/GMP compliant data integration, visualization and predictive analysis.

Baca juga: Ukraina Kerahkan Pasukan Dekat Perbatasan Belarusia

Lalu, Safety and Productivity Solutions: Movilizer Track & Trace, RFID Labels, Warehouse Management, Mobility Solutions, CMMS Solution. Advanced Materials: Research Reagents and Chemicals, Aclar® Film, Connected Blister, Digital Authentication, Connected Packaging, Spectra Medical Grade Fiber.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2467 seconds (11.252#12.26)