Inilah Peran Penting Akuntan Manajemen untuk Masa Depan Perusahaan

Selasa, 01 November 2022 - 18:53 WIB
loading...
Inilah Peran Penting Akuntan Manajemen untuk Masa Depan Perusahaan
Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Sosial DPD Partai Perindo Kabupaten Bekasi Wiradjegha Nurhasan. Foto/MPI/Advenia Elisabeth
A A A
JAKARTA - Profesi akuntan sangat penting bagi perusahaan. Selain akuntan yang mengurusi keuangan, terdapat juga akuntan manajemen. Lantas, mana yang lebih penting?

Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Sosial DPD Partai Perindo Kabupaten Bekasi Wiradjegha Nurhasan mengatakan, sebuah perusahaan selain memiliki akuntan keuangan hendaknya juga memiliki akuntan menejemen.

Pasalnya, akuntansi manajemen memiliki kemampuan dalam mencarikan solusi bagi sebuah perusahaan dalam pengambilan keputusan. Sedangkan akuntan keuangan lebih kepada mencari permasalahan dalam pengaturan keuangan.

"Akuntan keuangan itu kerjaannya adalah ngorek-ngorek masa lalu. Apa sih yang kurang, apa yang salah di masa lalu,” ujarnya dalam podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Selasa (1/11/2022).



Sedangkan akuntan manajemen, sambung dia, lebih kepada mengatur masa depan. Misalnya, rencana pengeluaran untuk satu tahun.

“Kalau kita mengeluarkan biaya sekian, maka kita harus melakukan penjualan itu sekian. Kalau penjualan harus sekian berarti kita harus ada ekspansi ke sini, sini, sini. Itu semua yang bekerja adalah akuntan manajemen," tuturnya.

Lebih lanjut, Wira memandang saat ini banyak perusahaan yang mengesampingkan peran akuntan manajemen. Padahal, menurut dia, jika perusahaan mempunyai akuntan manajemen akan sangat membantu pimpinan dalam menentukan keputusan untuk masa depan perusahaan.

Dia menyontohkan, ada sebuah perusahaan es krim Singapura yang mau ekspansi pasar ke Indonesia tapi perusahaan tersebut harus bersaing dengan es krim yang sudah ada Indonesia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)