10 Negara Terkaya di Dunia Berdasar PDB, Dua di Antaranya Tetangga Indonesia

Selasa, 08 November 2022 - 13:23 WIB
loading...
10 Negara Terkaya di Dunia Berdasar PDB, Dua di Antaranya Tetangga Indonesia
Terdapat sepuluh negara terkaya di dunia berdasar dari Produk Domestik Bruto (PDB). Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sepuluh negara terkaya di dunia berdasar dari Produk Domestik Bruto (PDB). PDB merupakan indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu negara.

Dilansir dari bps.go.id, PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

Baca juga : Luhut Ungkap Enam Sektor Kontributor Utama PDB Nasional Melambat

Sehingga dari indikator tersebut akan memperlihatkan negara mana yang memiliki kemampuan ekonomi paling tinggi.

Berikut 10 negara terkaya di dunia tahun 2022 seperti dilansir dari worldatlas.com :

1. San Marino

Negara kecil di Eropa dengan populasi 33.931 jiwa ini memiliki PDB per kapita USD 70.139. Hal itu membuat San Marino bertengger di posisi ke 10 sebagai negara terkaya di dunia.

Perekonomian San Marino yang stabil dan makmur sebagian disebabkan oleh warganya yang pandai, berhasil beradaptasi dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia.

2. Brunei Darussalam

Negara di Asia Tenggara ini memiliki PDB USD 74.953 dengan populasi 437.479. Brunei menjadi salah satu negara terkaya di dunia berkat industri pengeboran minyak lepas pantainya.

Industri tersebut mendatangkan kekayaan ekonomi dari ekspor. Selain itu Brunei juga menjadi salah satu negara yang memiliki utang rendah sekitar 2,4% saja.

3. Amerika Serikat

AS memang dikenal sebagai negara adidaya, tak heran bila namanya muncul. Memiliki PDB USD 76,027 dengan populasi lebih dari 331 juta jiwa membuatnya menjadi negara yang kuat secara ekonomi.

Amerika memiliki pola pikir kewirausahaan yang didorong sejak dini dan didukung oleh program universitas dan lembaga penelitian.

4. Norwegia

Memiliki PDB USD 77,808 dengan lebih dari 5 juta penduduk, Norwegia dikenal memiliki standar hidup tertinggi di dunia dan peringkat teratas dalam indeks pembangunan manusia dengan sistem pendidikannya yang maju.

Pemerintah berinvestasi dalam pendidikan gratis bagi warganya, sementara orang tua memastikan bahwa anak-anak belajar pentingnya produktivitas sejak usia dini di sekolah. Profesi utama di negara ini meliputi telekomunikasi dan teknologi.

5. UEA

Dengan populasi lebih dari 9 juta jiwa, Uni Emirat Arab punya PDB USD 78.255. Selain dari sektor pertambangan, wisata juga jadi salah satu ladang uang negara ini. UEA memang kini dikenal sebagai negara penyedia beberapa resor mewah nan berkelas.

6. Swiss

Swiss memiliki PDB sebesar USD 84,658 dengan populasi lebih dari 8 juta penduduk. Negara ini memang dikenal memiliki penduduk yang bergaya hidup tinggi serta memproduksi barang barang berkelas dan mahal.

Selain itu pesona kotanya juga dijadikan tempat wisata untuk menarik turis mancanegara untuk berkunjung.

Baca juga : Qatar Jadi Negara Terkaya Nomor 1 di Dunia Arab, Kalahkan Arab Saudi

7. Qatar

Berpenduduk lebih dari 2 juta jiwa, dengan PDB USD 112,789 membuat Qatar menjadi negara terkaya selanjutnya. Ekspor minyak dan gas alam masih menjadi pendapatan utama bagi negara ini.

Berkat penjualan minyak dan gas alam ini membuat PDB telah tumbuh secara eksponensial dari USD30 miliar menjadi lebih dari USD200 miliar.

8. Irlandia

Irlandia mengambil tempat ketiga dengan PDB USD 124,596 dari populasi lebih dari 4 juta jiwa. Pajak perusahaan yang rendah membuat banyak perusahaan tertarik membuka usahanya di negara ini, yang memberi pengaruh terhadap tingginya PDB sebab gaya hidup masyarakat.

Ekspor utama Irlandia terdiri dari logam dan produk makanan, termasuk pembuatan bir, komputer, suku cadang dan perangkat lunak, dan tekstil.

9. Singapura

Kembali dari Asia Tenggara, kini ada Singapura yang memiliki PDB USD 131,580 dengan jumlah populasi lebih dari 5 juta jiwa. Meskipun tak memiliki SDA yang melimpah, negara ini memanfaatkan pendapatan dari segi manufaktur, jasa, teknik transportasi, dan logistik.

Dengan membangun infrastruktur kelas atas dan secara signifikan memperluas sektor pariwisatanya, Singapura menarik jutaan wisatawan setiap tahun. Selain itu, pemerintah menyediakan lingkungan ekonomi yang sangat ramah investor untuk investasi asing langsung.

10. Luxembourg

Negara kecil dari Eropa yang hanya memiliki 625.978 penduduk, rupanya punya PDB sebesar USD 140,694. Negara ini bahkan dikenal memiliki tingkat pendapatan yang tinggi serta pengangguran rendah.

Sebelumnya negara ini hanya bergantung pada industri baja dan besi, namun saat ini Luxembourg telah berkembang menjadi salah satu negara dengan angkatan kerja paling terdidik di dunia dan membuat banyak warga negaranya dipekerjakan di luar negeri.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3949 seconds (0.1#10.140)