Ganjar Gencar Tarik Investor, Realisasi Investasi Jateng Tembus Rp44,99 Triliun

Rabu, 09 November 2022 - 17:30 WIB
loading...
Ganjar Gencar Tarik Investor, Realisasi Investasi Jateng Tembus Rp44,99 Triliun
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dalam acara Central Java Investment Business Forum (CJIBF), di Semarang, Rabu (9/11/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) kini menjadi sasaran investasi baik dari dalam maupun luar negeri. Realisasi investasi mencapai Rp44,99 triliun dengan jumlah proyek berjalan sebanyak 14.704.

"Kami selalu berkomunikasi intens dengan para investor dan calon investor agar mereka bisa mengembangkan bisnisnya dengan baik, yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah dan juga nasional," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai menjadi pembicara dalam Central Java Investment Business Forum (CJIBF), di Hotel Gumaya Semarang, Rabu (9/11/2022).

Ganjar menuturkan pintu investasi di Jateng masih sangat terbuka lebar untuk para calon investor, baik dari dalam maupun luar negeri. Tingginya nilai investasi di Jateng membuat pertumbuhan ekonomi Jateng ikut meningkat sebesar 5,66 persen, bahkan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,44 persen. Hal itu pun membuat Jateng menyumbang 8,4 persen dari perekonomian nasional.

"Hari ini kami dibantu oleh BI secara bersama-sama dengan Kadin, kita mencoba mencari format sekaligus menawarkan potensi investasi yang ada di Jawa Tengah, apa saja fasilitasnya, di mana tempatnya," ujar Ganjar.



Menurut dia berjalannya program Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dengan baik serta mudahnya izin investasi di Jateng menjadi faktor para investor berbondong-bondong menanamkan modalnya. Tak ditemukan kasus pungli perizinan juga membuat Jateng semakin dilirik investor.

Terdapat 5 kawasan industri dan 1 kawasan ekonomi khusus di Jateng yang dapat menjadi peluang investor untuk berbisnis. Infrastruktur pendukung seperti pelabuhan, bandara, jalan tol, ketenagalistrikan hingga jalur kereta api di Jateng juga semakin memudahkan lalu lintas investasi.

"Sehingga kita memproyeksikan ada berapa calon investor, baik itu dari luar negeri maupun dalam negeri. Secara keseluruhan kita harapkan di tengah situasi sulit ini, ayo kita gerakkan kekuatan dari Jawa Tengah agar mampu berkontribusi untuk kebutuhan ekonomi secara nasional," jelas Ganjar.

Ganjar menyampaikan, jumlah sumber daya manusia (SDM) berkualitas juga terus bertambah. Hal itu tak lepas dari program vocational school atau SMK gratis di Jateng yang digagas Ganjar untuk menciptakan tenaga kerja yang unggul dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing.

"Hingga hari ini, Jateng sudah menyerap sebanyak 170.757 tenaga kerja dengan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 72,16 dan tidak jauh dari nilai IPM nasional sebesar 72,29," jelas Ganjar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1206 seconds (0.1#10.140)