Ini 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Melek Literasi Keuangan

Selasa, 15 November 2022 - 09:09 WIB
loading...
Ini 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Melek Literasi Keuangan
Melek literasi keuangan menjadi hal penting untuk mencapai rencana finansial seseorang. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Literasi keuangan adalah istilah yang dapat dimengerti sebagai kemampuan seseorang dalam memahami pro dan kontra dari suatu keputusan keuangan, pertimbangan biaya dan dengan percaya diri memutuskan apa yang harus dilakukan. Lalu, apa sih alasan dan manfaatnya kita perlu mengerti literasi keuangan/melek finansial?

1. Memaksimalkan perencanaan keuangan dengan matang
Di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian ini, kita tidak pernah tahu kejadian yang tidak terduga/force majeure tentunya dapat terjadi setiap saat. Apalagi di tengah isu resesi tahun depan dan gejolak PHK di mana-mana, maka diperlukan perencanaan keuangan agar kita memiliki kondisi keuangan yang sehat, matang dan skala prioritas yang terukur.



2. Menekan pengeluaran konsumtif
Di zaman serba digital ini, segala opsi kebutuhan Anda dapat diperoleh dengan instan dengan adanya situs marketplace dan e-commerce yang menjamur dimana-mana. Berbagai hal positif dari era digital ini tentunya dapat dirasakan. Namun sisi negatifnya, hal ini dapat menyebabkan kecanduan belanja online karena kita kurang mengatur keuangan dengan baik. Nah, dengan terus belajar mengenai literasi keuangan, tentunya kita bisa menentukan skala prioritas kebutuhan dan tidak menjadi “gelap mata” antara barang yang diinginkan dan yang dibutuhkan.

3. Merdeka Finansial
Istilah merdeka finansial atau financial freedom tentunya sudah banyak kita lihat pada berbagai postingan motivasi di media sosial. Ini benar-benar bisa Anda lakukan jika disiplin mengelola keuangan. Sebagai contoh, lakukan visualisasi keinginan Anda di masa depan seperti membeli rumah, kendaraan bagus hingga traveling ke mancanegara. Nah, bayangkan keinginan tersebut bisa di realisasikan jika tabungan dan investasi Anda terus menerus ditingkatkan.

4. Tidak gampang gengsi
“Hemat gak perlu gengsi”, kalimat tersebut sepertinya cocok untuk disematkan jika kita ingin sukses secara finansial, apalagi disaat rekan Anda beli handphone baru dan tetangga Anda beli mobil baru, Tentunya hal tersebut menjadi tantangan tersendiri apakah hasrat “hedon” kita bisa dikalahkan, demi mengejar tujuan kita.

5. Pintar memilih produk dan layanan jasa keuangan
Ini yang paling penting!! Ibarat sedang berperang, produk dan layanan jasa keuangan yang tepat adalah senjata ampuh untuk memenangkannya. Ya, jika kita sudah dalam tahap mengerti tentang literasi keuangan, maka kita akan memiliki kemampuan “menyaring” produk dan layanan jasa keuangan yang cocok dengan kebutuhan kita. Kalau masih bingung menentukan, berikut salah satu produk tabungan yang cocok untuk Anda, yaitu Tabungan Dahsyat Undian dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) atau MNC Bank, anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group (BHIT).



Tabungan Dahsyat Undian sendiri merupakan program yang memberikan hadiah, baik saat membuka rekening tabungan maupun saat meningkatkan saldo pada tabungan. Tersedia hadiah menarik bagi nasabah baru yang membuka rekening Tabungan MNC Bank dan telah memenuhi syarat ketentuan program.

“Lewat Tabungan Dahsyat Undian, Anda memiliki banyak kesempatan untuk memenangkan total hadiah miliaran rupiah sepanjang tahun, berupa grand prize mobil Mercedes Benz GLC 200 dan All New Honda CRV, maupun hadiah yang diundi secara periodik seperti Toyota Raize 1.0 T GR Sport CVT, Logam Mulia Emas, Iphone 13 Pro Max dan hadiah menarik lainnya,” ujar Presiden Direktur MNC Bank, Rita Montagna.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)