Sandiaga Uno Ungkap Ekonomi Kreatif Sumbang Rp1.300 Triliun ke Negara

Senin, 21 November 2022 - 13:27 WIB
loading...
Sandiaga Uno Ungkap Ekonomi Kreatif Sumbang Rp1.300 Triliun ke Negara
Ekonomi kreatif memberikan sumbangan sangat besar terhadap PDB. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mencatat sektor ekonomi kreatif meyumbang senilai Rp1.300 triliun ke negara sepanjang 2021. Nilai tersebut setara 7,5% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Baca juga: Sandiaga Uno Tumbuhkan Wirausaha Mandiri di Rusun Tanah Tinggi

Pemerintah memang masif mendorong pemulihan pariwisata di Tanah Air pascapandemi Covid-19. Pasalnya, sektor tersebut secara signifikan terdampak pandemi.

"Sektor ekonomi kreatif tahun 2021 menyumbang Rp1.300 triliun, hampir 7,5% dari PDB kita," ungkap Sandi dalam sambutannya saat seminar 'Memacu Kreativitas dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi Nasional', Senin (21/11/2022).

Pertumbuhan pariwisata, lanjut dia, akan memacu pemulihan dan pertumbuhan makro ekonomi nasional. Bahkan, mampu mendorong PDB nasional naik menjadi nomor tiga terbesar di dunia.

"Ini menunjukkan ekonomi kita tumbuh secara persentase terhadap PDB nomor 3 terbesar di dunia," ucapnya.

Di lain sisi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun berupaya mewujudkan pariwisata berkelanjutan yang ramah lingkungan. Pengembangan pariwisata berkelanjutan merupakan upaya yang sangat penting bagi upaya membangkitkan sektor parekraf dan membuka lapangan kerja di Indonesia.

Dirinya optimistis dan melihat ada sekitar tiga juta lapangan kerja yang bisa diciptakan melalui pariwisata berkelanjutan. “Karena ini melingkupi sektor pertanian, industri perhotelan serta restoran dan kafe yang bisa onboard,” ujarnya.

Baca juga: Minta Maaf, Urip Saputra Akui Merekayasa Kematian untuk Hindari Utang

Salah satu cara untuk mewujudkan wisata berkualitas, Sandiaga menghitung jejak karbon setelah perhelatan G20 di Bali. Upaya ini untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan yang ramah lingkungan.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3213 seconds (10.101#12.26)