Gara-gara Harga Sewa, Puluhan Ribu Hektare Lahan di Jabar Menganggur

Senin, 21 November 2022 - 14:54 WIB
loading...
Gara-gara Harga Sewa, Puluhan Ribu Hektare Lahan di Jabar Menganggur
Banyak lahan menganggur di Jawa Barat. Foto/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Di tengah ancaman krisis pangan dunia, puluhan ribu hektare (ha) lahan di Jawa Barat justru menganggur atau tak dimanfaatkan. Lahan tidur itu sudah setahun hingga dua tahun tak dimanfaatkan.

Baca juga: BULOG Pastikan Pasokan Beras Aman 6 Bulan ke Depan

"Data sementara ada 6.000 lahan tidur PTPN Jabar dan 76 ribu ha HGU yang (sebenarnya) juga bisa dipakai," kata Dadan Hidayat, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, saat Launching Sensus Pertanian (ST2022), Senin (21/11/2022).

Menurut dia, ada beberapa penyebab lahan tidur di Jabar masih cukup luas. Di antaranya semakin berkurangnya petani di perdesan hingga harga sewa lahan yang cukup mahal. Harga sewa itu membuat para petani tidak berani mengolah lahan tersebut.

Menurut dia, saat ini jumlah petani di Jawa Barat ada sekitar 3,5 juta orang. Jumlah tersebut mestinya bisa menjadi potensi untuk pengembangan pertanian di Jabar. Pemprov Jabar sendiri menggagas petani milenial untuk menggenjot jumlah petani agar kalangan muda bisa mengakses pertanian.

Baca juga: Aktris Iran Ditangkap setelah Pamer Video Copot Jilbab

Diakuinya, saat ini Jawa Barat memiliki sekitar 900 ribu hektare lahan kering dan 8,1 juta lahan sawah. Namun, jumlah ini terus berkurang setiap tahunnya. Tercatat ada 7,7 juta pada 2019 dan data terakhir terus turun menjadi 7,1 juta.

(uka)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2780 seconds (11.252#12.26)