Kembangkan Kawasan Industri Ramah Lingkungan, Konsep EIP Korea Akan Diterapkan di Indonesia

Selasa, 22 November 2022 - 10:17 WIB
loading...
Kembangkan Kawasan Industri Ramah Lingkungan, Konsep EIP Korea Akan Diterapkan di Indonesia
PT KSP bersama Kemenperin saat berada di Korea Selatan untuk membahas lebih dalam rencana konsep transformasi Korean EIP model untuk pengembangan kawasan industri di Kota Cilegon yang berdampak hijau dan ramah lingkungan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Aspek keberlanjutan atau sustainability menjadi isu penting di semua ranah bisnis, termasuk juga di kawasan industri . Terkait hal itu, PT Krakatau Sarana Properti (KSP) selaku pengelola kawasan industri di Kota Cilegon tengah mempercepat transformasi Eco Industrial Park (EIP).

Hal ini sebagai upaya peningkatan kinerja lingkungan, ekonomi dan sosial melalui kolaborasi mengelola isu lingkungan serta sumber daya alam.

Bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin), KSP belum lama ini berkunjung ke Korea Selatan untuk membahas lebih dalam rencana konsep transformasi Korean EIP model untuk pengembangan kawasan industri di Kota Cilegon yang berdampak hijau dan ramah lingkungan tersebut.

Manager Industrial Estate & Housing KSP Agung Laksono Nugroho mengatakan, selama sepekan (6-12 November 2022) pihaknya bersama perwakilan Kemenperin melakukan kegiatan Capacity Building Program of EIP di Ulsan, Korea Selatan.

“Kunjungan ini merupakan respons dari kegiatan di bulan Juni kemarin, di mana Ecosian yang merupakan perusahaan konsultan Eco Industry Korea Selatan dan juga Ulsan College sebagai partner penelitian, datang meninjau ke kawasan industri Krakatau dan sangat tertarik untuk mewujudkan konsep Eco Industry di kawasan industri Krakatau Cilegon,” kata Agung dalam keterangan tertulis, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Pemerintah Perlu Melibatkan Generasi Muda Atasi Masalah Lingkungan

Selain berdiskusi dengan para petinggi terkait, KSP juga melakukan kunjungan ke beberapa instansi dan perusahaan industri di Kota Ulsan, salah satunya ke Korea Energy Agency yang terlibat dalam program-program penelitian pemerintah Korea dengan kisah sukses mereka.

“Mereka sangat antusias sekaligus ingin membantu terlaksananya program ini di Indonesia, salah satunya di kawasan industri yang dikelola oleh KSP,” ungkapnya.

Agung menambahkan, kegiatan capacity building yang diprakarsai Ecosian Co.,Ltd ini juga dalam rangka pengenalan Eco Industry yang nantinya akan dikembangkan di seluruh kawasan industri di Indonesia.

Berkaca dari kesuksesan di Negeri Ginseng, Agung optimistis manfaat eco industry ini akan berguna untuk kemajuan produktivitas kawasan industri itu sendiri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2765 seconds (11.97#12.26)