HSE TC Sungai Gerong Sabet Penghargaan Tingkat Dunia 3 Kali Beruntun

Rabu, 23 November 2022 - 15:53 WIB
loading...
HSE TC Sungai Gerong Sabet Penghargaan Tingkat Dunia 3 Kali Beruntun
Para pekerja tengah berlatih di HSE Training Center Sungai Gerong. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - HSE Training Center Sungai Gerong menyabet penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( K3 ) dunia untuk kategori Concern Educational Award, dari World Safety Organization (WSO), sebanyak tiga kali berturut-turut.Peraih penghargaan ini ditentukan berdasarkan hasil verifikasi/uji lapangan dan hasil verifikasi adminitratif melalui kegiatan survei atau observasi yang mendalam.

HSE Training Center yang merupakan bagian dari Pertamina Corporate University (PCU) tersebut dinilai konsisten memberikan edukasi secara maksimal kepada pekerja PT Pertamina (Persero) di seluruh lini bisnisnya. Bahkan, juga untuk perusahaan-perusahaan milik negara lainnya untuk urusan Health Safety Security and Environmental (HSSE).

Baca Juga: Raja Intelijen Bocorkan Calon Panglima TNI: Jenderal dari Luar Jawa

Chairman WSO Indonesia Soehatman Ramli mengatakan, perolehan penghargaan selama tiga kali berturut bukan ini menurutnya capaian sembarangan. "Mudah-mudahan ini membawa semangat terus bagi HSE TC Sungai Gerong dan menjadi dorongan untuk memajukan budaya K3 di lingkungan Pertamina," kata Soehatman dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Para peraih penghargaan ini dinilai sudah menunjukkan komitmen dan konsistennya untuk menerapkan K3, bahkan beberapa sudah menunjukkan proses ke arah peningkatan berkelanjutan atau continuous improvement. "HSE TC Sungai Gerong harusnya diundang ke Las Vegas, Amerika, untuk penyerahan penghargaan. Tapi karena masih di masa pandemi juga jadi kita sampaikan di sini," ungkapnya.

CEO WSO Indonesia Heru Indraperkasa menambahkan, HSE Training Center merupakan legenda di dunia HSSE Indonesia. Salah satu komitmen HSE TC Sungai Gerong adalah menjadi tuan rumah untuk kegiatan-kegiatan besar terkait HSSE dan K3, seperti HSSE Training and Certification Week (HTCW) 2022 yang digelar PCU. Diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari seluruh Subholding Pertamina, kegiatan ini tercatat menjadi kegiatan pelatihan HSSE pertama yang terbesar diselenggarakan di lingkup Pertamina.

"Banyak juga dari luar daerah, tapi tidak selengkap di sini. Dengan membangun ini secara centralize saya rasa standardisasi akan lebih tinggi dan sama rata," kata Heru.

Baca Juga: Kaesang Pangarep 2 Kali Dibuat Kesal Lion Air Group, Begini Ceritanya

Sebagai fasilitas terlengkap dan sempat dikenal sebagai pusat atau fasilitas HSSE terbesar di Asia, HSE TC Sungai Gerong secara aktif menjadi andalan PCU untuk meningkatkan standardisasi kualitas HSSE di Pertamina dan juga para mitranya. Di area yang memiliki luas lebih dari 28 hektare ini ada berbagai fasilitas pelatihan yang tidak dimiliki oleh fasilitas lainnya seperti T Bosiet terdiri atas simulasi helicopter, underwater rescue, sea survival. Selain itu ada juga fasilitas high angle rescue, fire ground, smoke chamber, serta simulator fire fighting.

SVP Human Capital Pertamina Lelin Eprianto mengatakan, inovasi seperti yang dilakukan seperti HTCW patut diapresiasi. Sebab, jika materi peningkatan kompetensi dilakukan dengan cara biasa saja, maka akan membutuhkan waktu lama. "Padahal keselamatan tidak bisa bisa menunggu semua pelatihan selesai, pekerja harus selalu siap kapanpun dan di manapun itu," kata dia.

Terkait dengan itu, Manajer HSE TC Sungai GerongHelmi Fadillah Lubis mengatakan, manajemen terus menjaga konsistensi untuk terus berinisiatif membuat berbagai program pelatihan HSSE, tidak hanya di lingkungan internal tapi juga eksternal. Termasuk gelaran HTCW 2022 yang melibatkan lebih dari 500 orang dalam satu penyelenggaraan kegiatan HSSE merupakan salah satu pencapaian yang tidak mudah untuk diraih.

Ada tujuh program yang dilaksanakan dalam HTCW 2022 yakni Fireman Level I, Fireman Level II, Incident Command System, First Aid Level 2, Gas Tester, confined space dan working at high. PCU juga melakukan pendekatan terbaru dalam menggelar pelatihan dan sertifikasi dengan menggelar berbagai tantangan agar apa yang sudah dipelajari bisa langsung dipraktikan.

"Ada beberapa challange yang disiapkan diantaranya Manifold Fire Fighting, Fire Combat, OSC Simulation, Basic Life Support, Mechanical Advantage, Gas Detector Utilization, Confined Space Rescue," paparnya.
(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1883 seconds (11.252#12.26)