Program Wasteco Pertamina Sabet Penghargaan di Ajang GCSA

Kamis, 24 November 2022 - 22:59 WIB
loading...
Program Wasteco Pertamina Sabet Penghargaan di Ajang GCSA
Penyerahan penghargaan di ajang GCSA oleh Minister of National Examinations of Republic of China (Taiwan) Dr Jong-Tsun Huang pada Head of Communication Relations & CID PHM Frans Alexander A Hukom di Taipei, Taiwan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menegaskan komitmen perusahaan dalam implementasi kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), khususnya dalam aspek Community Involvement & Development (CID) yang berkelanjutan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Hasil dari implementasi program tersebut pun mendapatkan pengakuan internasional berupa penghargaan di ajang Global Corporate Sustainable Award (GCSA).

Desa Energi Berdikari (DEB) Pertamina Waste to Energy for Community (Wasteco) yang dijalankan Pertamina Hulu Mahakam (PHM) sebagai bagian dari Zona 8 Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina merupakan bagian dari inisiatif Desa Berdikari Pertamina untuk mendukung ketersediaan akses energi yang lebih terjangkau, dapat diandalkan dan berkelanjutan sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT) bagi masyarakat.



Program kerja sama dengan Pemerintah Kota Balikpapan melalui TPAS Manggar ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitar TPAS Manggar. Sebanyak 275 sambungan rumah dan 22 UMKM memanfaatkan gas metana sebesar 583.000 m3/tahun dan berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 288.449 ton CO2eq/tahun.

Program ini memberikan dampak ekonomi berupa penghematan biaya memasak bagi masyarakat hingga Rp255,6 juta per tahun karena subtitusi gas elpiji, peningkatan pendapatan usaha UMKM sebesar Rp52 juta per tahun, serta adanya penghematan biaya listrik TPAS Manggar sebesar Rp47 juta per tahun. Perhitungan dampak sosial dan ekonomi atas pelaksanaan Program Wasteco juga telah dilakukan PHM menggunakan analisis Social Return on Investment (SROI) sebesar 1:17,96, untuk menggambarkan nilai setiap dampak sosial ekonomi dan kontribusi para pihak terhadap pelaksanaan program.

PHE melalui Desa Energi Berdikari (DEB) Pertamina Waste to Energy for Community (Wasteco) yang dijalankan PHM meraih penghargaan "Great Practice Award 2022" dalam kategori Best Practice pada ajang GCSA yang diselenggarakan Alliance for Sustainable Development Goals (A SDGs) dan Taiwan Institute for Sustainable Energy. Penghargaan ini diraih Wasteco setelah melalui kriteria penilaian yang selektif, terukur, dan komprehensif, antara lain mencakup strategies and objectives, impacts, effectiveness, continuity, performance and leadership.

"Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan internasional terhadap DEB Pertamina Wasteco dengan program utama pengembangan energi terbarukan berbasis Community Involvement Development untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap energi yang ramah lingkungan, terjangkau, dan berkelanjutan," ungkap Corporate Secretary PHE Arya Dwi Paramita dalam siaran pers, Kamis (24/11/2022).



Program ini, jelas dia, memberikan kontribusi sosial dan ekonomi bagi masyarakat melalui pengolahan sampah menjadi gas metana untuk penyediaan kebutuhan gas rumah tangga dan UMKM di Kelurahan Manggar, Balikpapan. "Ini juga sebagai bagian dari kontribusi kami dalam mengimplementasikan aspek ESG serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/SDGs 7, 8 dan 13," tambahnya.

General Manager PHM Raam Krisna menambahkan, perhargaan ini juga menjadi tantangan bagi pihaknya untuk terus berinovasi dan menebar manfaat melalui pengembangan program pemberdayaan masyarakat yang berbasis energi terbarukan. "PHE akan terus mengembangkan pengelolaan operasi di dalam dan luar negeri secara profesional untuk mewujudkan pencapaian menjadi perusahaan minyak dan gas bumi kelas dunia yang ramah lingkungan, bertanggung jawab sosial dan mengedepankan good governance," tegasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1995 seconds (0.1#10.140)