Hadiri WTTC Global Summit, Sandiaga Uno Ungkap Kunci Sukses Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Kamis, 01 Desember 2022 - 08:38 WIB
loading...
Hadiri WTTC Global Summit, Sandiaga Uno Ungkap Kunci Sukses Kebangkitan Pariwisata Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno menjadi pembicara kunci dalam WTTC di King Abdul Aziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi, Rabu (30/11/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
RIYADH - Sukses memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia pasca-pandemi covid-19, Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pembicara kunci dalam World Travel & Tourism Council (WTTC) di King Abdul Aziz International Convention Center, Riyadh, Arab Saudi pada Rabu (30/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Menteri Ekonomi Kerajaan Arab Saudi Abdulla bin Touq Al Morri, Penasehat Khusus Kementerian Pariwisata Kerajaan Arab Saudi Gloria Guevara, Chairman & CEO Accor Hotel Sebastien Bazin dan CEO The Hertsz Corporation Stephen Scherr.



Selain itu, sejumlah Menteri Pariwisata dari negara sahabat, antara lain, Bahrain, Bahama, Barbados, Costa Rica, Yunani, Guatemala, Jamaika, Jordan, Seychelles dan Spanyol. Dalam diskusi bertajuk 'Travel for Better Future' itu, Sandiaga Uno memaparkan sejumlah kiat suksesnya dalam pemulihan ekonomi. Satu di antaranya adalah pendekatan serta strategi dalam pemulihan sektor parekraf pasca pandemi Covid-19.

"Pertama, kami harus mengubah pola pikir, Bali khususnya, harus menjadi pariwisata yang berkelanjutan. Jadi, kami harus mengubah pola pikir untuk menjadikan pariwisata yang ramah dan berkelanjutan," ungkap Sandiaga Uno.

"Tren pariwisata baru sekarang adalah personalized, localized, customized dan smaller in size, tetapi dengan pendapatan yang lebih baik," jelasnya.

"Tahun ini, kami menghasilkan USD 4,3 juta pendapatan pariwisata yang jumlahnya tiga kali lipat dari yang kami proyeksikan, hanya dengan seperempat dari kedatangan wisatawan," papar Sandiaga Uno.

Baca Juga: Gercep Pulihkan Sektor Parekraf, Sandiaga Uno Temui Menteri Pariwisata Arab Saudi

Tak hanya meningkatkan pendapatan, strategi tersebut diungkapkan Sandiaga Uno mampu menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

"Tahun ini, saat kita berbicara tentang pekerjaan, Indonesia sudah dalam jalur yang tepat untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja dalam sektor pariwisata, dan kekuatannya berasal dari wisatawan lokal," jelas Sandiaga Uno. "800 juta pergerakan dari wisatawan lokal telah berhasil menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja," ujarnya bersemangat.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)