Serahkan DIPA dan TKDD 2023 ke 14 Kementerian Lembaga, Begini Pesan Jokowi

Kamis, 01 Desember 2022 - 12:10 WIB
loading...
Serahkan DIPA dan TKDD 2023 ke 14 Kementerian Lembaga, Begini Pesan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2023 kepada 14 kementerian dan Lembaga (K/L) di Istana Negara, begini pesannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2023 kepada 14 kementerian dan Lembaga (K/L) di Istana Negara pada hari ini Kamis (1/12/2022). Jokowi juga menyerahkan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun anggaran 2023.



Dalam arahannya, Jokowi mengatakan bahwa ekonomi Indonesia saat ini dalam keadaan baik meski ditengah situasi ekonomi dunia yang bergolak.

"Di tengah situasi ekonomi dunia yang sedang bergolak, alhamdulilah ekonomi kita termasuk yang terbaik bahkan managing director dari IMF mengatakan bahwa di tengah dunia yang gelap Indonesia adalah titik terang," kata Jokowi dalam arahannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/12/2022).

Penilaian baik bagi ekonomi Indonesia, menurut Jokowi karena kerja keras semua pihak dalam menekan angka inflasi. Berdasarkan data yang diterimanya, angka inflasi Indonesia yakni 5,8% disaat rata-rata inflasi dunia diatas 10% dan bahkan ada yang mencapai lebih dari 75%.

"Kinerja ekonomi Indonesia juga cukup menggembirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua 2022 tumbuh 5,44% dan di kuartal ketiga tumbuh lebih baik yaitu diangka 5,72%," kata Jokowi.

"Volume perdagangan kita juga terus tumbuh hingga mencapai 58% dan kita mengalami surplus perdagangan dunia selama 30 bulan terakhir berturut-turut. Ini juga sesuatu yang harus kita syukuri," tambahnya

Namun, Jokowi mengingatkan agar tetap harus waspada dan hati-hati. Semua pihak harus memiliki perasaan yang sama bahwa keadaan sekarang ini utamanya ekonomi global memang tidak berada pada posisi yang normal dan tidak sedang dalam keadaan yang baik-baik saja tidak.

"Oleh sebab itu semuanya kita semuanya memiliki sense of crisis betul-betul siap atas segala berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi yang tanpa kita prediksi yang tanpa kita hitung semuanya kita harus siap, bukan hanya untuk mampu bertahan tetapi juga bisa memanfaatkan setiap peluang yang ada," kata Jokowi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2127 seconds (0.1#10.140)