5 Fakta Menarik King Salman International Airport, Bandara Baru Masterplan Proyek Arab Saudi

Kamis, 01 Desember 2022 - 12:36 WIB
loading...
5 Fakta Menarik King Salman International Airport, Bandara Baru Masterplan Proyek Arab Saudi
5 fakta menarik bandara baru masterplan proyek Arab Saudi King Salman International Airport. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Arab Saudi semakin melebarkan sayapnya dan membuat berbagai terobosan demi menjalankan Visi Saudi 2030. Salah satu langkahnya adalah dengan membangun King Salman International Airport di Riyadh. Berikut adalah 5 fakta menarik terkait rencana tersebut.

1. Diumumkan Langsung oleh Putra Mahkota

Masterplan terkait proyek King Salman International Airport diumumkan langsung oleh sang Putra Mahkota, Mohammed bin Salman, pada November 2022. Melansir Arab News, proyek ini akan menjadi hal yang sejalan dengan visi Arab Saudi 2030 dan mengubah Riyadh menjadi kota dengan ekonomi terbaik di dunia. Selain itu, pemerintah juga berharap bahwa populasi Riyadh akan meningkat menjadi sekitar 20 juta orang pada tahun 2030. Pihak kerajaan disebut telah melakukan pemesanan pesawat Boeing Co dan Airbus SE, serta operatornya. Baca Juga: Romelu Lukaku Diharapkan Siap Bela Inter Milan usai Piala Dunia 2022

2. Akan Jadi Bandara Terbesar di Bumi

5 Fakta Menarik King Salman International Airport, Bandara Baru Masterplan Proyek Arab Saudi


Beriringan dengan pengumuman itu, King Salman International Airport disebut akan pula menjadi bandara terbesar di dunia. Bandara ini akan dibangun di atas lahan seluas 57 km persegi dan dilengkapi dengan 6 landasan pacu dan terminal. Interior yang dibangun tentunya akan bernuansa budaya Saudi yang sangat kental. Ditargetkan, bandara megah tersebut akan menyumbang USD7 miliar per tahun untuk PDB (Produk Domestik Bruto) bukan minyak untuk Saudi. Di sisi lain, bandara ini ditargetkan akan melayani 120 juta penumpang pada tahun 2030 dan 185 juta penumpang pada 20 tahun setelahnya.

3. Fasilitas Lengkap dan Mewah

Bukan hanya landasan pacu dan terminal, bandara ini akan dilengkapi dengan fasilitas lengkap dan mewah. Rencananya, King Salman International Airport akan berisi fasilitas pendukung dengan luas 12 km persegi yang berisi arena hiburan (rekreasi), toko ritel, hingga perumahan atau hunian papan atas. Tak heran jika bandara ini akan menjadi pintu gerbang Arab Saudi termegah di masanya nanti.

4. Ciptakan Ratusan Ribu Lapangan Kerja

Sebanyak 103 ribu lapangan pekerjaan akan tercipta melalui megaproyek ini. Namun, tidak ada keterangan pasti terkait detail atau jenis pekerjaannya. Kabar itu tentunya memberikan angin segar bagi masyarakat Saudi dan sektor ekonomi negara itu. Jumlah pengangguran di Arab Saudi diperkirakan akan tertekan kuat, saat bandara ini resmi berdiri. Data per Juni 2022 dari Trading Economics menyebut, jumlah pengangguran di Saudi sebesar 5,80%. Angka tersebut sudah menurun apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang mencapai 6%. Baca Juga: Soundstorm Arab Saudi: Pesta Musik Terbesar Dunia Kembali Hentak Tempat Kelahiran Islam
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1405 seconds (10.177#12.26)