Menteri ATR Mantan Panglima TNI, Jokowi: Mafia Tanah Nyingkir Semua

Kamis, 01 Desember 2022 - 16:32 WIB
loading...
Menteri ATR Mantan Panglima TNI, Jokowi: Mafia Tanah Nyingkir Semua
Presiden Jokowi memuji Menteri Hadi Tjahjanto dalam memberantas mafia tanah. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) mengatakan bahwa kehadiran Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia diyakini dapat memberantas mafia tanah . Menurut Jokowi, selain sengketa, mafia tanah juga merupakan persoalan pertanahan yang harus segera diselesaikan.



"Inilah problem besar pertanahan kita, belum yang namanya mafia tanah masuk, lebih ruwet lagi. Tapi Pak Menteri yang sekarang bekas Panglima TNI. Datangi beliau, datangi sudah mafianya nyingkir semua," kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/12/2022).

Jokowi yakin dengan latar belakang Hadi sebagai Panglima TNI, diharapkan dapat memberantas secara tuntas mafia tanah. "Saya sudah sampaikan ke Pak Menteri, Pak sudahlah jangan beri ampun yang namanya mafia tanah. Ini menyangkut hajat hidup orang banyak, yaitu rakyat," kata Jokowi.

"Kalau sudah menyangkut tanah itu mengerikan Pak. Bisa berantem saling bunuh karena menyangkut yang sangat prinsip," tambahnya.



Maka dari itu, kata Jokowi, dengan adanya sertifikat dapat menghindari terjadinya konflik pertahanan. "Inilah yang harus kita hindari agar konlfik tanah, sengketa tanah bisa segera diselesaikan dengan memberikan sertifikat sebagai tanda bukti hak hukum atas tanah pada rakyat. Dan tadi untuk suku anak dalam adalah pemberian sertifikat sekaligus redistribusi lahan bagi suku anak dalam," kata Jokowi.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1635 seconds (0.1#10.140)