Sandiaga Optimistis Tahun Depan Pelaku UMKM Mampu Dongkrak Lapangan Kerja

Selasa, 06 Desember 2022 - 18:30 WIB
loading...
Sandiaga Optimistis Tahun Depan Pelaku UMKM Mampu Dongkrak Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Dalam Webinar Business Mentoring Class Tanya Expert bertema Jurus Jitu Bisnis Bisa Cuan Di 2023 secara virtual, Senin (6/12/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan kiat kepada pelaku usaha di seluruh Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar mereka optimistis menghadapi tantangan resesi ekonomi.

Dalam Webinar Business Mentoring Class Tanya Expert bertema 'Jurus Jitu Bisnis Bisa Cuan Di 2023'. Sandiaga Uno menyampaikan ini dapat disikapi dengan pertumbuhan global resesi. "Hari ini kita akan bahas jurus jitu bisnis bisa cuan di tahun 2023, tentunya ini perlu kita sikapi dengan global resesi Indonesia yang masih bertumbuh. Oleh karena itu tema ini menjadi sangat spesial," kata Sandiaga, Senin (5/12/2022).



Sandiaga mengatakan di 2023 UMKM dapat mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru bagi Bangsa Indonesia. Ia pun menjelaskan pelaku usaha perlu memiliki konsep '3Si' dalam mengembangkan daya beli masyarakat.

"Tahun 2023 justru menaikkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bukan hanya mengenai cuan, tetapi bisa menghadirkan peluang usaha serta lapangan kerja bagi Bangsa Indonesia," ujar Sandiaga. "Saya menyarankan 3Si yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," sambungnya.

Sementara itu, salah satu peserta webinar Toha menanyakan establish dalam menghadapi resesi ekonomi di tahun 2023, ditengah tantangan ekonomi. Mendengar pertanyaan itu, Sandiaga mengatakan pelaku usaha dapat menghadirkan sektor unggulan. Dikarenakan perubahan konsumen akan tetap membeli produk yang memiliki kualitas sesuai kebutuhan.

"Pesan kepada pelaku usaha, yaitu tiga sektor unggulan yang saya rekomendasi, pertama semua yang berkaitan dengan digitalisasi. Kedua fokus di kesehatan. Ketiga semua akan fokus pada kelestarian lingkungan hidup yang akan memberikan dampak secara signifikan," tutur Sandiaga.



Dalam kegiatan ini, peserta terpilih akan mendapatkan pelatihan usaha hingga pendampingan sampai tahap lebih lanjut untuk mengembangkan usahanya.

"Kegiatan ini dihadiri 500 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia, 25 peserta terpilih akan mendapatkan mentoring lanjutan dari expert Mentor HR Academy agar usaha mereka semakin berkembang" ujar Coach Wulan Ketua Batur SandiUno yang juga merupakan founder dari HR Academy.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)