Ini Rumah dengan Teknologi Tahan Gempa Senilai Rp150 Juta

Minggu, 11 Desember 2022 - 14:18 WIB
loading...
Ini Rumah dengan Teknologi Tahan Gempa Senilai Rp150 Juta
Kementerian PUPR membangun rumah tahan gempa untuk korban gempa Cianjur. Foto/PUPR
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) mulai melakukan pembangunan rumah untuk relokasi warga yang rumahnya rusak berat akibat gempa Cianjur , beberapa pekan yang lalu.



Relokasi rumah warga letaknya di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, seluas 2,5 hektare. Di atas lahan tersebut nantinya akan di bangun 200 rumah RISHA (Rumau Instan Sehat Sederhana) dengan luas tanah 75 m2 dan luas bangunan 36 m2.

"Lahan itu sudah dinyatakan clear and clear, clear karena dari justifikasi BMKG unit ini berada di daerah aman tidak di atas patahan dan tidak berada di atas lahan lainnya," ujar Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, dalam kunjungannya ke tempat relokasi tersebut, Minggu (11/12/2022).

Iwan Suprijanto menjelaskan, teknologi RISHA dipilih sebab dalam proses pembangunannya tergolong cepat dan memudahkan untuk diaplikasikan. Ditaksir untuk satu unit rumah menggunakan teknologi RISHA bernilai Rp150 juta.

Teknologi tersebut menurut Iwan semacam menyusun mainan lego akan tetapi menggunakan beton yang dusun dan disambung menggunakan pengikat sling baja untuk tiangnya. Sedangkan di antara tiang, tembok dibangun menggunakan hebel atau bata ringan.

Pada tahap pertama, ditargetkan bakal rampung 80 unit rumah dan siap diberikan kepada warga yang terdampak paling lambat akhir Desember 2022 mendatang. Sedangkan 120 sisanya akan ditargetkan tampung akhir bulan Januari 2023.

"Bangunan ini merupakan struktur tahan gempa, dengan beton bertulang, tetapi sistem sambungan ini, perilakunya seperti kayu, jadi bangunan ini tidak patah, tetapi bisa bergoyang," sambung Iwan.



Setidaknya ada dua unit rumah yang sudah rampung 100% di tempat relokasi tersebut sebagai percontoha. Kementerian PUPR hanya menyediakan bangunan rumah, dengan spesifikasi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu, dan dapur. Sedangkan untuk bagian tulangan atap menggunakan rangka baja ringan dan atap spandek pasir.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)