Pos Indonesia Salurkan Bansos ke Warga Terdampak Erupsi Semeru

Minggu, 11 Desember 2022 - 20:20 WIB
loading...
Pos Indonesia Salurkan Bansos ke Warga Terdampak Erupsi Semeru
Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi (kanan) bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq (tengah) BLT BBM, program keluarga harapan (PKH) dan bansos sembako ke nenek Tinap (86) di Lumajang, Jawa Timur.
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) secara door to door kepada warga di kawasan terdampak Erupsi Gunung Semeru.

Dalam keterangan tertulisnya Minggu (11/12/2022), Direktur Utama PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi mengajak Bupati Lumajang Thoriqul Haq untuk menyaksikan langsung penyaluran BLT BBM. Penyaluran tersebut berbarengan dengan bansos lain yaitu program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BNPT) atau bansos sembako.

Tinap, lansia berusia 86 tahun ini mendapat BLT BBM dengan sistem pengantaran langsung (door to door). Bupati Lumajang dan Dirut Pos Indonesia mengantarkan langsung hingga diterima nenek Tinap.

(Baca juga:Siapa yang Berhak Dapat BLT Kantor Pos Rp300 Ribu? Cek di Sini Bunda)

Thoriq yang mengajak nenek Tinap berbincang-bincang, bertanya tentang penggunaan uang yang diterima nenek Tinap. “Ya buat beli makan sehari-hari,” kata nenek Tinap dalam bahasa Jawa yang kental.

Faizal R. Djoemadi memastikan lagi dengan menghitung uang yang akan diterima nenek Tinap dan kemudian memberikan seluruh bantuan yang berhak diterima nenek Tinap.

Perekaman digital yang dilakukan petugas Pos Indonesia ketika penyaluran menjadi alat penunjang utama data-data dari lapangan. Validasi dari perekaman digital yang real time ini menegaskan bahwa penyaluran bansos yang dilakukan Pos Indonesia mempunyai akuntabilitas yang tinggi.

(Baca juga:Kabar Gembira Nih Bunda! 9,4 Juta Keluarga Sudah Terima BLT Kantor Pos Rp600 Ribu)

KPM lansia lainnya, Karsih, yang ditemui di rumahnya, mengatakan hal senada dengan Tinap. Karsih yang tinggal di kawasan paling terdampak debu piroklastik ini senang mendapat bantuan langsung tunai dari pemerintah. Harapannya, bantuan bisa terus digulirkan pemerintah untuk warga yang membutuhkan uluran tangan seperti dirinya.

Pos Indonesia juga memberikan bantuan tabung gas kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. “Tabung gas di Lumajang memang habis. Mungkin banyak orang tidak terpikir bahwa ini menjadi kebutuhan hidup orang. Karena ini betul-betul membantu banyak orang,” kata Faizal R Djoemadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)