Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hadir, Kemenhub: KA Argo Parahyangan Tetap Jalan

Senin, 12 Desember 2022 - 23:28 WIB
loading...
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hadir, Kemenhub: KA Argo Parahyangan Tetap Jalan
Kereta Api (KA) Argo Parahyangan ditegaskan tidak bakal disuntik mati demi berjalannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kereta Api (KA) Argo Parahyangan ditegaskan tidak bakal disuntik mati demi berjalannya Kereta Cepat Jakarta-Bandung . Plt Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ), Risal Wasal menegaskan, bahwa KA Argo Parahyangan masih tetap beroperasi berbarengan dengan pengoperasian Kereta cepat Jakarta-Bandung.



Menurutnya, jalur yang dilalui KA Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung dengan jalur yang dilalui Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berbeda.

"Kemenhub masih belum merencanakan menyetop KA Argo Parahyangan. Prinsipnya KAI dalam waktu dekat belum alam memberhentikan KA Argo Parahyangan," katanya kepada awak media di Gedung Kementerian Perhubungan, Senin (11/12/2022).

"Dan KA Argo Parahyangan tetap berjalan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung jalan dulu," tambahnya.

Adapun terkait dengan wacana KA Argo Parahyangan yang akan dijadikan angkutan barang. Risal menampik hal itu, dimana Ia menjelaskan jika KA Argo Parahyangan okupansinya berkurang. Maka akan ada opsi dengan mengangkut barang.

"Enggak itu, kalo kapasitas nya itu berkurang itu bisa kita optimalkan dengan angkutan barang. Dan itu bukan diganti," katanya.



Sementara itu, Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus menegaskan pihaknya masih mengoperasikan KA Argo Parahyangan seperti biasa. Joni mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terhadap layanan KA Argo Parahyangan.

Namun, Joni mengatakan, jika pemerintah memutuskan untuk menyetop layanan KA Argo Parahyangan, pihaknya akan mematuhi kebijakan tersebut.

"Jika nantinya diputuskan pemerintah seperti itu, KAI sebagai operator tentunya akan patuh terhadap kebijakan dan peraturan pemerintah. KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," kata Joni saat dikonfirmasi MNC Portal, Kamis (1/12/2022).

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)